Wali Kota Siapkan Lahan Bagi Warga Tahura

SUARAKENDARI.COM, Pemerintah Kota Kendari sudah menyediakan lahan bagi warga yang saat ini mendiami Taman Hutan Rayan (Tahura). Pasalnya, kawasan tersebut masuk dalam kawasan hutan konservasi yang tidak boleh digunakan untuk pemukiman warga.

Walikota Kendari, Asrun, mengatakan bahwa saat ini pemerintah sedang menyiapkan lahan di sekitar Purirano agar masyarakat yang saat ini mendiami Tahura bisa segera direlokasi.

“Sudah kami siapkan lahan di Purirano seluas empat hektar, karena Tahura itu tidak bisa digunakan untuk pemukiman warga, kita akan melanggar aturan jika kita memaksakan warga tetap bermukim di sana (Tahura,red),” katanya.

Pemerintah juga melengkapi sarana dan prasarana bagi warga yang akan direlokasi, antara lain akan dilengkapi dengan drainase dan jamban yang layak.

Terkait anggaran ia belum bisa memastikan jumlahnya secara pasti, namun ia berjanji agar masyarakat yang bermukim di Tahura bisa dipenuhi beberapa fasilitas yang mendukung.

“Kita kerahkan semua sumber kami yang bisa kami berikan untuk percepatan relokasi bagi warga Tahura, sehingga warga di sana juga bisa segera pindah ditempat yang baru,” ujarnya.

Asrun berharap agar masyarakat di Tahura bisa memahami kondisi pemerintah dan tidak bersikeras untuk tetap tinggal di lokasi Tahura karena tempat tersebut tidak bisa digunakan lebih lama.

“Mudah-mudahan bisa mengerti dan mau direlokasi karena kalau bertahan tinggal di Tahura juga tidak bisa, meskipun punya KTP itu bukan alasan mereka dikatakan legal bermukim di Tahura, saya hanya berharap agar masyarakat disana juga mengerti untuk kebaikan seluruh warga kota,” harapnya. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *