Wali Kota Kendari Apresiasi Transaksi Keuangan Non Tunai

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Pemerintah Kota Kendari dan Bank Indonesia perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan penandatanganan nota kesepahaman terkait transaksi keuangan non tunai di Bank Indonesia, Kamis (25/06/2015).

Kepala BI perwakilan Sultra, Dian Nugraha, mengatakan bahwa peredaran uang tunai secara perlahan akan diubah mengingat kejahatan transaksi keuangan dengan modus penipuan sering terjadi.

“Peredaran uang tunai secara perlahan memang akan kita ubah, sehingga lebih aman, cepat dan efisien,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa setelah melakukan nota kesepahaman itu, diharapkan transaksi non tunai bisa memudahkan pemerintah daerah.

“Mungkin kedepannya gaji pns dan semua honor bisa dilakukan dengan transaksi non tunai, bisa menekan kebocoran anggaran dan akan memudahman pemda dalam hal ini auditor untuk mengetahui dari mana dan untuk apa anggaran digunakan,” katanya.

Walikota Kendari, Asrun tentu sangat menyambut baik adanya transaksi keuangan non tunai tersebut, apalagi salah satu visi dan misi pemerintah yakni menciptakan smart city.

“Kita sudah mulai melakukan transaksi non tunai, kita akan coba pelan-pelan, dengan tujuan siapa saja yang datang berkunjung di Kota Kendari akan memiliki kesan tersendiri,” tukasnya.

Ia juga menyadari bahwa dengan adanya transaksi non tunai bisa membuat masyarakat lebih aman dan nyaman, dimana masyarakat tidak perlu lagi membawa uang tunai. Disisi lain juga tidak perlu lagi ada kekhawatiran bagi pemerintah karena tidak mungkin ada mark up anggaran yang dilakukan. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *