Connect with us

Wali Kota Kendari akan Persentase Pengelolaan TPA di Bangkok

Metro

Wali Kota Kendari akan Persentase Pengelolaan TPA di Bangkok

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Besok Wali Kota Kendari, Ir  Asrun akan bertolak ke Bangkok Thailand untuk mengikuti  Konfrensi Asia Pacific tentang sampah perkotaan.

Keberangkatan Asrun, ini terkait keberhasilannya mengelola sampah di TPA Puwatu yang ditandai dengan penghargaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) kategori Komitmen Daerah dalam Pengelolaan Sampah Ramah Lingkungan yang diserahkan menteri perencanaan pembangunan Nasional (PPN) / kepala Bappenas tahun 2013 lalu.

Asrun menjelaskan dalam Konfrensi nanti  dia akan menjadi salah satu pembicara yang akan mempersentasekan tentaang langkah yang dilakukan Kota Kendari  untuk menangani persampahan.
“Kita dapat AMPL Award masalah pengolahan TPA terbaik di Indonesia dan itulah yang mereka mau lihat sejauh mana program penanganan sampah di Kota Kendari “ terangnya.

Ia menambahkan penanganan sampah di kota kendari khusunya penanganan TPA saat ini kota kendari menjadi yang terbaik di Indonesia, jika didaerah lain pengelolaan sampah yang banyak mengenai bank sampah, namun di kota kendari bisa lebih maju karena bisa mengembangkan untuk kebutuhan warga yang lebih luas.

Di kawasan Mandiri energi TPA Puwatu misalnya terdapat sekitar  126 kepala keluarga yang tinggal disana sudah menikmati penerangan listrik menggunakan mesin genset yang di operasikan dengan bahan bakar  gas metan yang berasal dari TPA Puwatu, selain itu kebutuhan memasak warga disana juga sudah menggunakan gas metan.

Selain di TPA Puwatu, saat ini pemerintah Kota Kendari melalui dinas kebersihan tengah mengembangkan TPA komunal di pasar PKL.

Kepala dinas kebersihan Kota Kendari Tin  Farida menjelaskan Pekan ini pembangunan sel gas metan sudah hampir rampung dan siap di operasikan.

“Jika TPA Komunal Pasar PKL ini sudah menghasilkan gas metan, maka diharapkan kebutuhan  listrik di pasar ini akan disuplai dari TPA Komunal ini” jelasnya. (Alin)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top