Walhi Sultra: Kandidat Kepala Daerah Wajib Perhatikan Masalah Lingkungan

SUARAKENDARI.COM-Pesta demokrasi melalui pilkada serentak 7 kabupaten di Sulawesi Tenggara  menjadi momentum yang baik bagi para kandidat kepala daerah untuk tampil sebagai agen penyelamat lingkungan di daerahnya masing-masing. Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif Daerah Wahana Lingkungan Hidup Indonesia ( ED – Walhi) Sulawesi Tenggara, Kisran Makati

Kisran Masalah mengatakan, lingkungan adalah masalah universal, tidak hanya menyangkut masalah flora dan fauna, tapi juga menyangkut ekosistem secara keseluruhan, termasuk keberlangsungn hidup manusia antar generasi.

Lingkungan hidup adalah kunci keseimbangan yang wajib dijaga. Sebab kerusakan ekologis, maka dipastikan lambat laun bencana akan menghampiri dan mengancam keselamatan bagi semua, dan bagi kehidupan manusia itu sendiri.

“Karena itu Walhi mendorong issue lingkungan hidup menjadi tematik dalam debat kandidat setiap calon, mengingat banyaknya kerusakan lingkungan secara massif pada daerah peserta pilkada serentak desember 2015 nanti,”kata Kisran.

Tentunya, lanjut Kisran, salah satu kriteria calon pemimpin yang bisa menjadi harapan untuk pemulihan lingkungan kedepan adalah kandidat yang sudah memiliki visi-misi terkait issue lingkungan, jika hal ini tidak ditemukan didalam dokumen resmi yang diserahkan ke KPU, maka dipastikan kandidat seperti ini tidak memiliki komitmen terhadap perbaikan atas kerusakan ekologis. Harus dipahami juga, bahwa setiap makhluk hidup tidak bisa hidup tanpa ruang sebagai basis hidup dan berkembangnya manusia atau habitat lainnya.

“Jika terjadi kerusakan lingkungan dan perubahan musim, maka dengan sendirinya pekerjaan atau pendapatan rakyat petani akan terganggu. Demikian halnya jika terjadi bencana akibat rusaknya keseimbangan lingkungan, maka seluruh lapisan masyarakat akan terkena dampaknya, baik di pedesaan maupun di perkotaan,”ujarnya.

Demikian halnya rakyat pemilih, sudah saatnya memperhatikan visi-misi dan track record masing-masing kandidat. Kandidat yang tidak memiliki perhatian dan komitmen untuk kelestarian lingkungan, tidak layak dipilih.

“Kandidat calon kepala daerah yang dalam visi-misinya tidak memiliki perhatian dan kepedulian pada penyelamatan dan kelsetarian lingkungan, bisa dipastikan tidak memiliki kepedulian terhadap nasib rakyat,”kata Kisran. SK

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *