Connect with us

Wakatobi Sambut Peserta Sail Raja Ampat 2014

Uncategorized

Wakatobi Sambut Peserta Sail Raja Ampat 2014

WAKATOBI, SUARAKENDARI.COM-Meski perlehatan ivent internasional SAIL 2014 kali ini dipusatkan di Raja Ampat – Papua Barat, namun Kabupaten Wakatobi berkesempatan menyambut sejumlah peserta Sail Raja Ampat 2014, yang mampir beberapa hari di wakatobi sebagai salah satu jalur lintasan menuju Raja Ampat .

Sejak tanggal 13 hingga 18 Agustus 2014, Pemda dan masyarakat wakatobi menyambut kehadiran peserta Sail Raja Ampat dari berbagai negara kali ini, dengan suasana penuh keakraban.

Wakatobi memberikan nuansa dimana Peserta Sail melihat dan terlibat langsung dalam sejumlah kearifan lokal, budaya ataupun tradisi masyarakat wakatobi yang masih terjaga hingga saat ini dan ditampilkan di berbagai sudut wilayah Wakatobi.

Mulai dari tradisi Duata suku Bajo, Kariaa, bangka mbule-mbule, posepaa, hingga mainan tradisional masyarakat wakatobi seperti Hekansalu dan hedaroji.

Saat perhelatan mainan tradisinoal Hekansalu dan hedaroji misalnya, peserta Sail Raja Ampat kali ini terlihat sangat antusias, sebab dengan moderenisasi permainan anak ataupun remaja diberbagai belahan dunia saat ini, para peserta Sail justeru menyaksikan keunikan mainan tradisional di wakatobi yang kelestariannya masih terjaga, sebuah permainan yang menggunakan bahan alam dan media bermain langsung bersentuhan dengan tanah.

Tanpa rasa canggung, para peserta Sail yang sebagian besar adalah kalangan ekonomi  mapan  dan memiliki kapal layar berharga milyaran rupiah   langsung mencoba semua jenis permainan tradisional yang disuguhkan masyarakat wakatobi.

Meski harus bersentuhan dengan tanah, para peserta Sail larut dalam permainan rakyat wakatobi tersebut, tak sedikit dari mereka merasa  takjub dengan mainan tradisional mengingat semua permainan tradisional memiliki nilai edukasi dan makna bagi kehidupan sosial bagi masyarakat wakatobi, seperti permainan Hekansalu dan Hedaroji.

Tidak sampai disitu, para peserta sail indonesia-raja ampat juga antusias menjadi peserta upacara HUT RI ke 69 di lapangan Merdeka Wakatobi.INO

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top