Connect with us

Wakapolri : Faktor Ekonomi Penyebab Aksi Kekerasan di Poso

Hukum & Kriminal

Wakapolri : Faktor Ekonomi Penyebab Aksi Kekerasan di Poso

 

KENDARI, SUARAKENDARI. Com- Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Oegroseno menyatakan, rentetan aksi teror di Kabupaten Poso Sulawesi Tengah yang masih terus terjadi disebabkan oleh faktor ekonomi.

“ Saya rasa bukan hanya maslah kekerasan di sana factor ekonomi juga, kita kan pernah Kapolda. di sana factor ekonomi juga ikut berperan, sejak zaman konflik di Poso ya. Kalo ekonomi rakayat dibangun, pasti angka pengganguran akan berkurang,” ungkap Wakapolri di Kendari, Jumat (7/2/2014) malam.

Ditanyai kelompok teroris yang melakukan aksi baku tembak dengan tim gabungan satuan Brimob Polda Sulawesi Tengah dan Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri, Kamis (6/2/2014), Wakapolri mengaku belum bisa memastikan.

“ Saya belum tahu ini pemain lama,baru atau pemain yang sudah latihan. Tetapi kalau pemain lama rata-rata saya kenal, kan saya pernah jadi Kapolda di sana, tetapi nama-nama yang muncul baru tahu,” ujar Oegroseno.

Dia juga belum berani memastikan apakah benar ada latihan militer kelompok teroris di Poso. “ Saya belum berani bargaining seperti itu, tetapi mudah-mudahan setelah saya ke lokasi besok sudah bisa mengidentifikasi kelompok terorisnya,” tegasnya.

Sebelumnya, kontak senjata antara kelompok yang diduga bersenjata dan polisi di wilayah hutan kampung baru Dusun 6, Desa Padalembara, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, pecah sekitar pukul 11.00 Wita, Kamis, 6 Februari 2014.

Dalam insiden tersebut, dua orang tewas. Satu orang yang tewas tersebut merupakan anggota Brimob Bhayangkara Dua, Putu Surya dan seorang lagi anggota teroris.KIKI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top