Connect with us

Wabub Kolaka Temukan Sembako Kadaluarsa Di PRM

Kolaka Membangun

Wabub Kolaka Temukan Sembako Kadaluarsa Di PRM

KOLAKA,SUARAKENDARI.COM- Ternyata sejumlah Pedagang rempah-rempah atau bumbu masak yang ada di Pasar Raya Mekongga (PRM), Kolaka Sulawesi Tenggara menjual dagangan yang telah kadaluarsa, atau tidak layak jual. Hal ini terungkap saat Pemda Kolaka melakukan inspeksi mendadak.

Produk kadaluarsa yang berhasil ditemukan disalah satu kios pedagang diantaranya, bumbu masak jenis Rayo Rasa Sapi, Sasa Sambal Pedas dan Ikan Kaleng merk ABC Sardines. Dinas Koperindag memperingati para pedagan agar memastikan produk kadaluarsa tidak diperjualbelikan lagi di Pasar Raya Mekongga.

Wakil Bupati Kolaka, Muh Jayadin yang memimpin sidak mengatakan, jauh sebelumnya pihaknya telah menyampaikan kepada para distributor agar setiap saat mengawasi produk yang beredar dipasaran. “Kami sudah berulang kali menyampaikan kepada distributor, minimal tiga bulan sebelum masuk kadaluarsa, produk itu segera ditarik dari pasaran, lalu menggantikan dengan produk baru. Sehingga, para pedagang itu tak dirugikan,” katanya, Senin (21/07/2014).

Dia menambahkan tindakan tegas yang dilakukan pihak terkait adalah melakukan penyitaan terhadap sembako yang kadaluarsa itu. “Sejumlah petugas dari Koperindak yang ikut dalam tim ini termasuk pak Kadis langsung menyita jenis produk tersebut karena tak layak lagi untuk diperdagangkan sebab telah melampaui masa edarnya, sejak Februari 2014 lalu,” tambahnya.

Hal ini pun sempat menuai protes oleh padagang. Pemilik kios bernama Ridwan berdalih, dagangannya itu tak diketahui telah kadaluarsa. Bahkan, ia mengatakan seharusnya pihak distributor-lah yang bertanggungjawab menarik produknya yang telah kadaluarsa.

Terkait hal itu, Kadis Koperindag, Kadaruddin menjelaskan pedagang tetap diberikan pemahaman akan bahaya menjual barang yasng telah kadaluarsa. “Kita beri pehaman bahwa tidak boleh jual yang kadaluarsa, bahkan dipusat perbelanjaan pun ada yang kita temukan. Semua kita tindak tegas dengan lakukan penyitaan,” tegasnya.

Dalam sidak ini sejumlah SKPD Pemda Kolaka turut dalam tim inspeksi mendadak tersebut. Mereka adalah Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin, Kadis Koperindag, Kadaruddin, Kadis Pertanian, Alva Talanipa, Kadis Perhubungan, Bakri Balusu dan Kabag Ekonomi, Asmani Arief dan sejumlah pejabat lainnya. ABDI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kolaka Membangun

To Top