Umushabri Dukung Program Spritual City

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Wali Kota Kendari meresmikan penggunaan miniatur Ka’bah yang berada di halaman pesantren Umusabri Kendari, Selasa (1/9/2015) dan langsung melakukan tawaf bersama puluhan siswa pesantren Umusabri yang sudah memakai pakaian ihram.
Wali Kota Kendari Asrun mengatakan, Pesantren Umusabri yang terletak di tengah kota Kendari akan menjadi spiritual city poin, apalagi miniature Ka’bah yang baru dibangun bisa digunakan praktek ibadah haji bagi para siswa dan masyarakat umum.
“Saya ingat waktu mau naik haji dulu satu hal yang saya cari adalah petanya Ka’bah saya mau tau dimana posisinya memulai, tapi dengan adanya miniatur ini sangat praktis untuk kita belajar, kita sudah tau dimana mau mulai, dimana hijir ismail dan di sana saya lihat sudah ada makam Ibrahim” katanya.
Wali Kota juga mendukung perubahan para digma yang dilakukan di pesantren Umusabri yang menggabungkan antara teori dan praktek, apalagi sudah sekolah ini sudah menerapkan 3 bahasa dalam proses belajar mengajar.
Ketua Yasan Umusabri Kendari Supriyanto mengatakan, pembangunan miniature Ka’bah sudah di rintis sejak 3 bulan lalu dan bangunan ini merupakan salah satu bentuk dukungan pihak pesantren terhadap visi pemerintah kota Kendari yang menetapkan Kendari sebagai spritual city.
“ Spritual city itu dimualai dari infrastruktur keagamaan seperti miniature Ka’bah, jadi nanti anak-anak kami setiap sebulan sekali setiap kelas praktek sampai tamat dan hafal betul lafas-lafas haji dari awal sampai akhir, di miniature juga ada pohon kurma asli, namun saya tidak tau apa jenisnya” jelasnya.
Ia menambahkan mulai tahun ajaran baru 2015-2016 Pesantren Umusabri menerapkan konsep pendidikan cerdas intelektual berbasis Islami dimana untuk tingkatan SD setiap kelas akan di ajar oleh 3 guru sekali gus yang terdiri dari guru sains yang pintar bahasa Inggris, yang kedua sarjana agama yang menggunakan bahasa arab sebagai pengantar dan satu orang psikolog yang mencatat tingkah laku siswa.(ALIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *