Connect with us

UMP Sultra Naik 18 Persen

Metro

UMP Sultra Naik 18 Persen

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dewan Pengupahan, telah menyetujui untuk menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Tahun 2015.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenaga Kerjaan, Makner Sinaga, mengatakan bahwa pemerintah telah menyetujui untuk menaikkan UMP sebesar 18 persen dari tahun sebelumnya.

“Kita memiliki Dewan Pengupahan yang didalamnya itu terdiri dari serikat pekerja, dewan pakar dan beberapa elemen terkait telah merekomendasikan pada tanggal 21 Oktober lalu dan alhamdulillah gubernur kita telah menyetujui rekomendasi yang diajukan tersebut untuk kenaikan UMP pada tahun 2015 mendatang menjadi Rp. 1.652.000,- atau mengalami kenaikan sebesar 18 persen dari UMP kita tahun sebelumnya (2014,Red),” jelasnya, Senin (3/11/2014).

Lanjutnya, untuk sektor pertambangan naik menjadi Rp. 1.700.000,- dan sektor bangunan naik menjadi Rp. 1.750.000,-. Ia mengatakan bahwa kenaikan UMP tersebut telah dikaji untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Sultra.

“Kenaikan UMP kita ini tentu sudah melalui proses kajian terlebih dahulu, disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat karena sebelum mengajukan rekomendasi, dilakukan dulu perhitungan terhadap kebutuhan rata-rata setiap harinya,” ujarnya.

Makner juga mengatakan bahwa keputusan terkait kenaikan upah tersebut mulai diberlakukan per tanggal 1 Januari 2015 mendatang. Adapun wacana pemerintah yang akan kembali menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), pihaknya akan kembali melakukan kajian.

“Kalau ada kenaikan BBM lagi, nanti kita sesuaikan upahnya, kita sudah memiliki Dewan Pengupahan yang akan melakukan kajian tersebut,” tukasnya. (LINA)

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top