Ulah Oknum Kelurahan Ini Bikin Miris

Pemasangan Jaringan Listrik Jadi Tidak Gratis

SUARAKENDARI.COM-Apa jadinya jika program pemasangan jaringan listrik yang sedianya gratis untuk rakyat miskin justeru permainkan oknum tidak bertanggung jawab. Ini dialami Warga Kelurahan Watubangga, Kota Kendari yang mengeluhkan  adanya beban biaya pemasangan sebesar Rp500.000 per unit rumah.

“Ini bagaimana, infonya kita diberikan sambungan listrik gratis dari Pemerintah Kota Kendari, tapi faktanya justeru¬† dipungut biaya pemasangan sebesar Rp500.000 per unit rumah,” kata Hasan, salah seorang warga yang mendapatkan program pemasangan listrik secara gratis, di Kendari.

Tak main-main, warga kurang mampu ekonomi yang memperoleh sambungan listrik secara gratis di Kelurahan Watu Bangga sebanyak 500 unit rumah.

“Biaya sebesar Rp500.000 itu untuk apa?Sebab di daerah lain seperti Kabupaten Konawe Selatan yang memperoleh program serupa tidak dipungut biaya apa pun,” katanya.

Menurut dia, selain memungut biaya pemasangan listrik sebesar Rp500.000, juga petugas kelurahan itu dalam menjalankan program tersebut juga sebagian besar tidak tepat sasaran.

Ironisnya, di antara rumah warga yang mendapatkan pemasangan jaringan listrik gratis, kata dia, ada rumah warga bentuk semi parmanen, bahkan rumah permanen. “Padahal saat itu pihak Pemerintah Kota Kendari mensosialisasikan bahwa warga yang berhak memperoleh program sambungan jaringan listrik gratis itu adalah mereka yang kondisi rumahnya terbuat dari dinding papan dan atap daun nipa,” katanya.SK/AN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *