Connect with us

Ujian Nasional SD Dihapuskan

Suara Pendidikan

Ujian Nasional SD Dihapuskan

KENDARI, SUARAKENDARI-Ujian Nasional untuk tingkat SMP/MTsN dan SMA/SMK/MA akan serentak dilakukan pada bulan April 2014 mendatang, tepatnya akan mulai dilakukan pada tanggal 15 April 2014.

Namun, ada beberapa perbedaan sedikit pada pelaksanaan ujian tahun ini, dimana untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) ujian nasional sudah tidak dilakukan lagi, sehingga tidak ada standar yang ditetapkan.

“Ada dua keputusan penting dalam pelaksanaan ujian tahun ini yang pertama pelaksanaan UN untuk tingkat SD dihapuskan jadi ujiannya hanya dilakukan di sekolah masing-masing dan soalnya juga dikembalikan kepada sekolah masing-masing dan semua siswa harus lulus,” terang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Damsid.

Poin penting lainnya pada pelaksanaan UN kali ini yakni penyelenggaran UN yang dulunya dipercayakan kepada universitas saat ini dikembalikan kepada Dikbud, sementara universitas dan LPMP hanya bertugas sebagai pengawas.

“Mungkin pertimbangannya Dikbud yang memiliki leding sektor yang menangani SD, SMP dan SMA, sehingga lebih mudah untuk melakukan koordinasi makanya dikembalikan kepada kami penyelenggaraannya,”­ tukasnya.

Meskipun tahun ini UN untuk tingkat SD telah dihapuskan, tapi untuk percetakan soal, tetap masih dilakukan oleh pemerintah pusat 20 persen, 80 persen dikembalikan ke daerah masing-masing.

“Untuk daerah yang buat soalnya itu dilakukan oleh guru-guru yang telah mengikuti pelatihan lokakarya, sehingga soalnya pasti akan disesuaikan dengan kurikulum yang selama ini telah dipelajari,” tukasnya.

Sementara itu, untuk percetakan soal UN akan dilakukan secara regional dari provinsi masing-masing melalui panitia lelang yang sudah ditunjuk.

“Panitia untuk pelelangan soal sudah kami usulkan, tinggal tunggu keputusan saja, sehingga nanti pendistribusiannya akan lebih mudah agar tidak terjadi lagi kesalahan seperti yang terjadi tahun sebelumnya,” ujarnya.

Sejauh ini, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat untuk kesiapan pelaksanaan UN, pihaknya juga telah selesai melakukan persiapan pos prosedur operasional standar. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Suara Pendidikan

To Top