UHO akan Bangun Marine Techno Park

SUARAKENDARI.COM-Langkah besar dilakukan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari tahun 2016 mendatang. Universitas terbesar di Sulawesi tenggara tersebut akan membangun pusat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kelautan atau marine techno park.

“Pembangunan `marine techno park` ini berlokasi¬† di Desa Lalowaru Kecamatan Moramo Utara dengan luas lahan sekitar 9 hektare,” kata Prof La Sara di Kendari,¬† Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UHO Kendari pada wartawan.

Saat ini, lanjut La Sara, pihaknya¬† tengah menunggu persetujuan pendanaan dari pemerintah pusat. “Kalau sudah `fix` kita langsung kerjakan di tahun 2016,”ujarnya.

Sebagai tahap awal dari rencana pembangunan marine techno park tersebut, UHO melalui Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan telah mendesain bentuk teknologi yang akan dikembangkan di lokasi tersebut.
UHO sebagai penyedia sumber daya manusia di bidang perikanan dan kelautan, telah mempersiapkan pembangunan pusat penelitian tersebut.

“Dengan adanya tehno park ini, selain akan memudahkan mahasiswa dan dosen untuk melakukan penelitian, juga kita gunakan untuk menunjang peningkatan produksi pada sektor perikanan dan kelautan di Sultra,” ujarnya.

Oleh karena itu,di kawasan tersebut juga nantinya dibangun laboratorium penelitian terpadu yang akan memberikan kesempatan yang luas kepada para peniliti untuk melakukan berbagai penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya dalam mengembangkan potensi kelautan.SK/AN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *