Connect with us

Tuntutan Pemekaran Buton Selatan Kian Memanas

Uncategorized

Tuntutan Pemekaran Buton Selatan Kian Memanas

BUTON, SUARAKENDARI.COM-Tuntutan pemekaran wilayah Buton Selatan kian kencang dan tensi gerakan warga kian memanas dan mengarah pada tindakan anarkisme dalam beberapa hari belakangan ini. Selain bentrok dengan polisi, warga juga merusak rumah aparat kecamatan dan merusak atribut kampanye caleg dan partai politik yang dianggap tidak mendukung tuntutan warga.

Inilah yang diperlihatkan ratusan warga dari Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara terlibat  bentrok dengan aparat kepolisian. Warga nekat mendobrak pagar betis polisi agar dapat masuk ke kantor Kecamatan Batauga untuk  mencari camat batauga karena dianggap tidak pro pada aspirasi warga.

Kemarahan para warga ini dipicu oleh gagalnya pemekaran kabupaten buton selatan sebagai kabupaten baru yang otonom. Warga menuding pemerintah provinsi sulawesi tenggara dan pemerintah kabupaten buton yang dianggap sebagai biang keladi gagalnya pemekaran kabupaten buton selatan di DPR RI. Para warga pun men-cap Pemda Sulawesi Tenggara dan Pemda Buton sebagai penghambat  aspirasi .

Bentrokan terus meluas saat aparat mulai melerai amukan massa. Para pendemo  melempar aparat dengan batu. Tindakan ini membuat aparat marah dan membalas dengan menembakkan gas air mata ke arah warga. Tembakan membuat pendemo lari kocar-kacir. Saat saling kejar tiga warga yang diduga provokator ditangkap polisi dan sempat menjadi bulan-bulanan pukulan dan tendangan aparat dan selanjjutnya dibawa ke kantor polisi.

Kendati terjadi penembakan dan penangkapan  hingga senin sore, warga tetap terus berunjuk rasa. Mereka mengancam akan menurunkan massa yang lebih besar menuntut pemerintah pusat untuk segera memekarkan daerah Buton Selatan sebagai kabupaten baru. LIM

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top