Connect with us

Tuntut Kenaikan Upah, Buruh Datangi DPRD Kendari

Bisnis

Tuntut Kenaikan Upah, Buruh Datangi DPRD Kendari

KENDARI, SUARAKENDARI.Com – Puluhan Buruh dari Serikat Buruh Konstruksi Bangunan (SBKB) Sultra berunjukrasa di gedung DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra) dan kantor DPRD Kota Kendari, Kamis (23/1/2013). SBKB menuntut kenaikan upah layak.

dalam orasinya, para buruh meminta anggota dewan untuk menekan para kontraktor, yang menggunakan tenaga kerja lokal dalam mengerjakan proyek pembangunan di Kota Kendari.

Ketua SBKB Sultra, Halimin menjelaskan, rata-rata kontraktor yang mengerjakan proyek besar di kota Kendari membawa sendiri pekerjanya dari luar Sultra dan mengabaikan tenaga kerja lokal.

“Kami sudah beberapa kali kami datang ke kontraktor dengan peralatan lengkap mau mendaftar kerja, namun kami ditolak dengan alasan tidak ada lowongan” sesalnya.

Menurutnya, dari segi kualitas mereka mampu bersaing dengan pekerja dari luar, apalagi sekitar 480 orang anggota SBKB sudah mendapat sertifikat kompetensi melalui pelatihan yang difasilitasi dinas pekerjaan umum.

Para buruh juga mendesak kenaikan gaji sesuai UMK Sektoral. Di mana gaji kuli bangunan sebesar Rp.80.000 perhari atau Rp.1,7 juta perbulan dan tukang sebesar Rp.100.000 perhari atau Rp.2,8 juta perbulan.

“yang kami temukan di lapangan saat ini para kuli bangunan masih dibayar sebesar Rp.50.000- Rp.60.000 perhari dan tukang dibayar Rp.70.000-Rp.80.000 perhari.” pungkasnya

Ketua DPRD Kota Kendari Abd Rasak yang menemui para pengunjukrasa berjanji akan menjadwalkan pertemuan dengan sejumlah pihak untuk menindak lanjuti tuntutan SBKB Sultra.

“Baiknya kita jadwalkan saja pertemuan dengan dinas tenaga kerja, asosiasi kontraktor dan Asosiasi buruh” ujarnnya.

Sebelumnya, para buruh konstruksi bangunan juga mendatangi sekretariat DPRD Sultra. Dalam aksinya, massa membawa spanduk yang bertuliskan “Perhatikan Buruh Konstruksi Sebagai Punggung Pembangunan”

Mereka diterima anggota DPRD Sultra dari komisi IV, Dr. Izat Manarfa. Wakil rakyat dari PBB itu mengatakan, bahwa aspirasi para buruh akan diteruskan dan meminta kepada Gubernur untuk menindaklanjuti masalah ini.

” Pada intinya, kami akan tindak lanjuti segera tuntutan kalian ke pemerintah provinsi,” terangnya. (KIKI)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis

To Top