Tujuh Manusia yang Memperoleh Pertolongan Langsung dari Allah

Tujuh ( 7 ) manusia ini jenis amalannya berbeda-beda, namun mereka mempunyai satu sifat amalan yang sama yang membuat mereka akan mendapatkan perlindungan langsung dari Allah SWT, Sifat itu adalah mereka sanggup menentang dan melawan hawa nafsu mereka dengan tujuan hanya mengharap ridho Allah SWT.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al Imam Bukhori dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

قَالَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمْ اللَّهُ، فِي ظِلِّهِ، يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلُّهُ، اْلإِمَامُ الْعَادِلُ، وَشَابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ رَبِّهِ، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْمَسَاجِدِ، وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللَّهِ، اجْتَمَعَا عَلَيْهِ، وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ، وَرَجُلٌ طَلَبَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ، وَجَمَالٍ، فَقَالَ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ، وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ أَخْفَى، حَتَّى لاَ تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينُهُ، وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللَّهَ خَالِيًا، فَفَاضَتْ عَيْنَاه

Rasulullah SAW Bersabda: Ada 7 jenis manusia yang akan mendapat naungan (pertolongan) Allah di hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya:

1. Pemimpin yang adil.

2. Pemuda yang tumbuh di atas kebiasaan ibadah kepada Tuhannya.

3. Seorang lelaki yang hatinya selalu terpaut dengan masjid.

4. Dua orang yang saling mencintai karena Allah, sehingga mereka tidak bertemu dan tidak juga berpisah kecuali karena Allah.

5. Lelaki yang diajak (berzina) oleh seorang wanita yang mempunyai harta lagi cantik lalu lelaki tersebut berkata, Sesungguhnya aku takut kepada Allah.

6. Orang yang bershodaqoh secara sembunyi-sembunyi, hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya.

7. Orang yang mengingat Allah dalam keadaan sendirian hingga kedua matanya basah karena menangis.

Penjelasan Hadits

1. Pemimpin yang adil. Pemimpin bisa jadi seorang presiden, gubernur, bupati, camat, lurah atau yang lainnya. Setiap pemimpin akan dimintai Allah tentang pertanggungjawabannya. Sebab itu, seorang pemimpin harus bertindak adil sehingga semua orang yang dipimpinnya bisa merasakan khidmat dan pelayanan yang maksimal dalam menegakkan keadilan.

2. Pemuda yang tumbuh dengan jalan beribadah pada Allah SWT. Masa muda adalah masa di mana syahwat sedang menggebu-gebu sehingga tidak jarang banyak pemuda terjerumus dalam kemaksiatan. Di zaman yang penuh dengan fitnah ini banyak sekali kita temukan para pemuda dan pemudi bergaul dengan bebasnya, Bahkan tak jarang mereka melakukan free seks di tempat umum.

Adapun para pemuda yang mampu mengjauhi berbuat kemaksiatan dan mengisi hari-harinya dengan beribadah adalah termasuk jenis manusia yang akan dinaungi oleh Allah di hari kiamat nanti. Sebagaimana kisah Ashabul Kahfi (Para pemuda Kahfi) yang menghindari fitnah raja yang dzolim untuk menyelamatkan iman mereka.

3. Lelaki yang hatinya terpaut dengan masjid. Adalah para lelaki yang tidak akan melewatkan setiap kesempatan untuk memakmurkan masjid dengan beribadah dan beramal-amal sholeh di dalamnya, terutama sholat wajib 5 kali sehari dengan berjama’ah di masjid. Hatinya akan selalu gelisah dan galau jika jauh dari masjid, dan merasa sedih bila tak bisa mendatanginya di waktu-waktu sholat berjama’ah dan ketika majelis dzikir diadakan.

4. Dua orang yang saling mencintai karena Allah, berkumpul dan berpisah karena Allah. Tingkatan hubungan keimanan tertinggi adalah cinta karena Allah dan benci karena Allah. Bila dua orang saling mencintai karena masing-masing selalu menjaga kecintaannya pada Allah, bertemu dengan tujuan mengingat Allah dan berpisah dengan tetap dalam dzikir pada Allah maka keduanya akan mendapatkan naungan langsung dari Allah SWT.

5. Seorang laki-laki yang diajak berzina oleh seorang perempuan kaya dan cantik jelita tetapi ia menolak dan berkata ‘Aku takut pada Allah’. Sebagaimana kisah nabi Yusuf as. yang digoda oleh Zulaikha, keduanya saling cenderung sehingga jika bukan karena tanda dari Allah maka keduanya akan bermaksiat sehingga Yusuf berkata: “Ya Allah, lebih baik hamba dipenjara daripada harus bermaksiat kepadamu”. Sesuatu hal yang mungkin saat ini mungkin sangat jarang ditemukan.

6. Orang yang bersedekah secara sembunyi-sembunyi sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang dilakukan oleh tangan kanannya. Amal yang disertai dengan keikhlasan adalah salah satu syarat diterimanya amal oleh Allah swt. Dalam beramal dan beribadah, keikhlasan adalah hal yang sangat sulit dilakukan dan karenanya hanya orang-orang yang ikhlas saja yang tidak akan dikalahkan oleh syetan.

7. Seseorang yang mengingat kepada Allah dalam kesunyian sampai meneteskan air mata. Dzikir bagi orang beriman ibarat nafas bagi makhluk hidup, namun seseorang yang berdzikir di malam hari di kala orang-orang sedang tidur hingga meneteskan air mata adalah sesuatu yang sangat berat dilakukan, kecuali bagi orang yang hatinya telah terpaut dengan rahmat Allah. Menangis disini bisa berarti karena menyesal karena telah banyak melakukan dosa dan ingin kembali kepada Allah atau bisa jadi menangis karena bersyukur pada Allah SWT atas limpahan rizki dan karunia yang telah berikan.

Demikianlah 7 Jenis Manusia Yang Akan Mendapatkan Pertolongan Langsung Dari Allah SWT, Semoga kita bisa menjadi salah satu dari 7 Golongan tersebut.Amin Ya Robbal Alamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *