Connect with us

TNI AL Tangkap 8 Kapal Nelayan Tak Berdokumen

Uncategorized

TNI AL Tangkap 8 Kapal Nelayan Tak Berdokumen

KENDARI, SUARAKENDARI.com- Sebanyak delapan kapal nelayan yang tak memiliki dokumen lengkap ditangkap oleh TNI Angkatan Laut di perairan Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Kapal nelayan yang terbuat dari bahan fiber dengan kapasitas 200 gros ton berasal dari Kota Baubau, ditahan saat menangkap ikan di perairan Wakatobi. Kapal nelayan diamankan petugas TNI AL, saat patroli laut dengan menggunakan KRI Sampari.

” Saat patroli di perairan Wakatobi, pada jumat kemarin kami temukan kapal nelayan yang tidak memiliki dokumen. Tidak sekaligus kapalnya kami amankan, karena mereka berpencar, tapi totalnya ada delapan kapal,” ungkap Kapten KRI Sampari Letkol Hreesang, di Wanci, Senin(8/9/2014)

Rata-rata dokumen yang dimiliki kapal nelayan tersebut kata Hreesang, sudah kadaluarsa. Bahkan ada juga kapal yang belum memilki izin dokumen kelengkapan berlayar sama sekali.

” Bukan hanya tidak memiliki dokumen lengkap, kapal-kapal itu tidak memiliki kelengkapan alat navigasi kapal juga,”terangnya.

Kedelapan kapal nelayan itu kemudian digiring patroli KRI Sampari ke daerah asal Baubau untuk diproses hukum.

” Delapan nahkoda kapal selanjutnya diproses dan diserahkan ke pos angkatan laut kota Baubau. Sementara baran bukti kapal nelayan penangkap ikan kami sita di pelabuhan Baubau,” tukas Hreesang.

Salah seorang nahkoda kapal, mengaku tidak memiliki dokumen kelengkapan, karena kapal itu merupakan bantuan dari dinas kelautan dan perikanan kota Baubau.

” Benar, kami belum urus izin operasi kapal. Ya kita mau apa kalau memang salah,” tandasnya. KIKI

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top