Tips Melakukan Persiapan Mudik

SUARKENDARI.COM-BAGI Anda yang Akan Melakukan Perjalanan Jauh atau mudik lebaran maka sebaiknya Perhatikan tips berikut ini.Selain mempersiapkan kondisi fisik, ada baiknya kamu memeriksa kondisi mobil Anda saat akan berkendara menempuh jarak yang terbilang jauh.

Upayakan untuk mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) sampai penuh. Jika jarum pada panel fuel sudah menunjukkan tanda setengah, lakukan pengisian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya sulit menemukan SPBU terdekat.
Periksa batas atas dan batas bawah aki mobil. Kalau airnya berkurang, maka isilah aki dengan air suling (air aki dengan botol berwarna biru). Selain itu periksa juga kebersihan dan kekencangan klem aki. Kalau klem aki kotor, maka hal ini bisa menganggu aliran listrik secara keseluruhan.
Periksa ketinggian air pada pendingin mesin antara garis full dan low. Setelah itu periksa juga ketinggian air pada pendingin mesin di tangki cadangan.
Periksa ketinggian minyak pada master rem dan master kopling. Kalau ketinggian minyak berkurang, maka segeralah isi minyak hingga mencapai ketinggian maksimal.
Periksa ketinggian oli mesin. Jangan biarkan volume oli tidak berada pada jumlah yang seharusnya.
Periksa ketinggian air pembersih kaca.
Periksa ketersediaan minyak yang berfungsi membantu sistem power steering. Posisikan kendaraanmu di permukaan yang datar supaya kamu bisa memeriksa ketinggian minyak power steering. Pada saat mesin berada dalam kondisi dingin, pastikan permukaan minyak power steering berada pada kondisi cold. Sementara saat mesin dalam kondisi panas, pastikan permukaan minyak power steering berada pada kondisi hot.
Periksakan kondisi ban mobil beserta dengan ban cadangan yang dibawa.
Pastikan semua lampu pada kendaraan dalam keadaan menyala.
Bawalah air cadangan untuk mengantisipasi berkurangnya air radiator dan air pembersih kaca.
Pastikan semua tempat duduk dalam keadaan layak digunakan, apalagi kalau kamu membawa bayi, anak kecil atau orang tua selama perjalanan. Mereka membutuhkan kursi yang nyaman agar kondisi tubuh tetap fit selama perjalanan panjang.
Pastikan muatan yang dibawa tidak melebihi kapasitas standar dari mobil yang digunakan. Famela.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *