Tips Agar Tidur Berkualitas

Suarakendari.com- Anda susah tidur? Berikut ada berapaa tips agar tidur anda berkualitas sebagaimana dilansir dari Body and Soul, berikut lima poni yang tidak boleh dilakukan sebelum tidur.

Poin pertama, sebelum tidur jangan menyentuh alat elektronik seperti handphone atau tablet yang dimiliki. Kebiasaan memegang telpon genggam dapat menimbulkan masalah gangguan tidur dan membuat tidur Anda tidak nyenyak. Cahaya dari ponsel akan mengganggu produksi hormon melatonin di otak yang akan membuat Anda sulit tidur. Hal ini dapat membuat mental dan fisik Anda menjadi terjaga dan sulit tidur.

Poin ke dua jangan mengkonsumsi makanan atau minuman manis yang mengandung gula dan karbohidrat merupakan hal yang harus dihindari sebelum tidur. Penelitian menyatakan bahwa tingkat ghrelin yang tinggi dapat membuat Anda memperoleh tidur malam yang nyenyak. Makanan yang manis akan membuat hormon lapar atau ghrelin anda meninggi. saat hormon ini meninggi tentu saja yang anda rasakan adalah rasa lapar yang bisa mengganggu jam tidur anda atau membuat anda sulit tidur.

Poin ke tiga, jangan mandi air hangat. Banyak yang mengatakan bahwa mandi air hangat dapat membuat tubuh terasa lebih santai dan nyaman. Tetapi Anda disarankan untuk tidak langsung untuk tidur setelah mandi air hangat karena saat itu tubuh sedang bekerja keras untuk menstabilkan kembali suhu tubuh yang Anda miliki. Karena suhu tubuh yang menghangat itulah maka Anda tidak bisa langsung tertidur.

Point empat hindari mengonsumsi obat. Ketika Anda sedang merasa tidak enak badan terutama ketika flu maka Anda sering mengonsumsi obat sebelum tidur. Akan tetapi terdapat suatu kandungan dalam beberapa obat yang justru membuat tubuh tidak bisa tidur. Kandungan bernama pseudoephedrine ini memang membuat tubuh serasa lelah dan lunglai, tetapi tidak dapat menimbulkan rasa kantuk.

Dan poin ke lima, jangan mengonsumsi minuman beralkohol. Walaupun alkohol dapat membuat tubuh terasa lelah dan mengantuk namun di sisi lain juga membuat metabolisme tubuh bekerja. Proses ini kerap terjadi ketika sedang dalam kondisi setengah tertidur. Hal ini dapat menyebabkan pola tidur menjadi terganggu dan menimbulkan perasaan lelah dan tidak nyaman di pagi hari. MDK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *