Connect with us

Tingkatkan Produksi Cengkeh, Pemda Kolaka Subsidi Petani

Bisnis

Tingkatkan Produksi Cengkeh, Pemda Kolaka Subsidi Petani

KOLAKA,SUARAKENDARI.COM- Pemerintah Kabupaten Kolaka,Sulawesi Tenggara, akan mengembangkan tanaman cengkeh didaerah tersebut. Program ini nantinya akan mensubsidi petani mulai dari lahan, pupuk hingga bibit cengkeh. Kata Bupati Kolaka, Ahmad Safei, Pemda akan menyiapkan 1.000 hektar lahan yang cocok ditanami cengkeh.

“Setiap satu hektar kita kasi uang pengolahan satu juta, kasi pupuk dan bibit. Kira-kira Rp.2 Milyar lah pertahun untuk pertamanya. Tahun kedua kita lihat lagi apa yang bisa dibantukan. Kalau sampai tiga tahun cengkeh itu sudah besar, dan tidak mungkin petani tinggalkan cengkehnya kalau sudah besar pak. Saya ingin kesejahteraan rakyat yang tercapai. Luar biasa lah penghasilan masyarakat kalau hal ini terjadi,” kata Bupati Kolaka, Ahmad Safei, Minggu (15/06/2014).

Dia menambahkan persiapan lahan itu dilakukan di beberapa wilayah apalagi saat ini dengan adanya program hutan kemasyarakatan dan hutan tanaman rakyat dari kementerian kehutanan. “Lokasi itu bisa ditanami cengkeh selain ditanami tanaman kayu keras jika memang dimungkinkan. Tidak semua wilayah yang ada di Indonesia bisa ditanami pohon cengkih dan Kolaka adalah salah satunya yang bisa,” katanya.

Hasil cengkih serta tanaman perkebunan lainnya cukup menjanjikan bagi petani sehingga pihak Pemerintah berupaya memajukan kesejahteraan petani cengkih. “Pemerintah juga akan menyiapkan lahan untuk tanaman kedelai di daerah Watubangga dan Tanggetada. Di dua kecamatan ini hasil panen kedelai yang dilakukan oleh petani setempat sangat sukses karena bisa mencapai sekitar lima ton per sekali panen,” katanya.

Ahmad Safei menginginkan tahun depan program ini sudah bisa berjalan dengan menanam tanaman cengkih baru sekitar 1.000 hektar karena selain kakao, tanaman ini juga bisa jadi primadona bagi Kabupaten Kolaka. ABDI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis

To Top