Connect with us

Tingkatkan Daya Saing, Kelembagaan Petani Diperkuat

Bisnis

Tingkatkan Daya Saing, Kelembagaan Petani Diperkuat

SUARAKENDARI.COM- Demi meningkatkan daya saing petani dan kemandirian dalam produktivitas produk pertanian dan perkebunan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara terus berupaya memperkuat kelembagaan tingkat petani dengan cara membentuk Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) Sejahtera di daerah sentra komoditas unggulan tertentu. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Sultra Bambang di Kendari, Sabtu.

Penguatan kelembagaan petani tersebut, kata dia, telah menumbuhkan kembali semangat petani terhadap arti pentingnya kelembagaan petani untuk mengatasi berbagai permasalahan.

LEM Sejahtera adalah lembaga ekonomi desa yang dibentuk dari, oleh, dan untuk masyarakat desa dengan pendekatan kearifan lokal, di mana seluruh warga desa menghimpun kekuatan swadaya untuk mendayagunakan potensi sumber daya yang tersedia guna meningkatkan kesejahteraan seluruh anggotanya.

Bambang mengatakan gagasan penguatan kelembagaan petani itu terinspirasi dari keprihatinan terhadap kondisi petani di pedesaan yang hingga saat ini sebagian besar masih berada di bawah garis kemiskinan.

“Komoditas perkebunan rakyat yang diusahakan petani dengan skala kecil dan menyebar, dengan kondisi kelembagaan petani yang belum berfungsi secara optimal membuat lemahnya daya saing komoditas perkebunan rakyat,” katanya.

Dia mengatakan saat ini terbentuk LEM Sejahtera di 86 desa di 44 kecamatan di Sultra. SK/ANT

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis

To Top