Tingkat Kesulitan UN Ditambah

0

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Kebijakan baru yang dikeluarkan Pemerintah Pusat terkait pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ini terdapat sedikit perbedaan pada tingkat kesulitan soal yang akan diberikan kepada calon peserta ujian.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra), Damsid, mengatakan bahwa pelaksanaan UN tahun ini tingkat kesulitan soal yang diberikan kepada siswa timbah 10 persen yang awalnya hanya 20 persen, namun tahun ini menjadi 30 persen.

“Paket soalnya masih sama yakni 20 paket, nilai ujian juga masih sama yakni 5,5 hanya saja kerumitan soal ditingkatkan lagi dari 20 persen menjadi 30 persen,” terangnya, Rabu (26/3/2014).

Dengan ditambahnya tingkat kesukaran pada ujian kali ini bukan berarti membuat pihaknya pesimis untuk mendapatkan nilai tinggi dan tingkat kelulusan yang memuaskan. Pasalnya, selama kurang lebih satu tahun ini pihaknya sudah melakukan evaluasi.

“Kami melakukan intervensi terhadap berbagai kebijakan, untuk kabupaten yang kami anggap masih rendah, kami berikan dana 100 juta, kami juga melakukan pelatihan kepada guru dan kami lihat kembali pada beberapa mata pelajaran yang sukar kami buat pelatihan untuk terus mengasah kemampuan siswa,” jelasnya.

Untuk itu, meskipun tingkat kesukaran soal UN bertambah, tidak menuntup kemungkinan peserta ujian se-Sultra bisa melalui ujian tersebut dengan nilai yang memuaskan. (LINA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.