Connect with us

Tiga Tahun Molor, Akhirnya RTRW Muna Ditetapkan

Daerah

Tiga Tahun Molor, Akhirnya RTRW Muna Ditetapkan

RAHA, SUARAKENDARI.Com-Setelah lebih tiga tahun terkatung katung, Rabu (22/1) akhirnya Kabupaten Muna kini memiliki RTRW. Rencana Tata Ruang Wilayah ini akhirnya  ditetapkan menjadi Perda melalui sidang Paripurna DPRD Muna. Pada sejumlah media di Raha Kepala Bidang Tataruang wilayah Dinas PU Muna,La Ode Butolo mengatakan,dokumen RTRW merupakan dasar bagi Pemerintah Daerah (pemda) untuk membuat program pembangunan tahun 2014.

“Tidak bisa bicara program pembangunan kalau RTRW belum tuntas. Karena dasar untuk membuat program itu acuannya adalah RTRW,”ujar Kabid Tata Ruang Wilayah Dinas PU Muna ini.

Meskipun lega karena RTRW Kabupaten Muna telah rampung dan sudah ditetapkan menjadi sebuah Perda, namun upaya tersebut kata Butolo belum terhenti. ,Masih ada produk turunan RTRW yang mesti dituntaskan yakni rencana detail tindak lanjut (rtdl). “Kita akan upayakan rencana perda RTDL ini cepat  terealisasi,”pungkasnya.

Menaggapi masalah lahirnya RTRW ini,  Komisi I DPRD Muna melalui  Wakil Ketuanya,Fatahilah Taate menegaskan bahwa berlarut-larutnya pembahasan dokumen RTRW Muna ini karena terbentur oleh Juknis yakni PP No 26 tahun 2007 tentang penataan ruang.  Dalam  pembahasannya punya ketergantungan dengan pemerintahan setingkat diatasnya.

” Kita di Kabupaten, RTRW ditetapkan ketika ada rekomendasi dari Gubernur. Bersyukur  akhirnya rekomendasi dari Gubernur itu ada  , untuk penetapan perda RTRW ini,”ujar Fatahillah pada sejumlah media di Raha..

Anggota DPRD Muna yang dikenal vokal dan kritis ini menegaskan  bahwa seluruh anggota DPRD Muna menginginkan agar RTRW ini ditetapkan, karena sangat erat kaitannya dengan anggaran yang diturunkan oleh  pemerintah pusat,seperti dana DAK dan DAU.

Kata  Fatahillah,kegiatan pembangunan sangat tergantung pada RTRW. “Dalam RTRW ini memuat batasan-batasan masing-masing instansi dalam pelaksanaan pembangunan. Dengan RTRW ini pelaksanaan pembangunan akan lebih terarah,karena kita sudah punya plafon yang tetap,”pungkasnya.  (Tri )

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daerah

To Top