Ternyata Ini Alasan Pria Diharamkan Mengenakan Emas

Emas merupakan salah satu logam mulia yang memiliki nilai yang tinggi, sehingga emas banyak digunakan baik pria maupun wanita untuk mempercantik dan memperindah penampilan.

Namun tahukah anda, jika dalam syariat islam ternyata emas haram digunakan bagi kaum pria dan hanya diperbolehkan digunakan bagi kaum wanita? Hal tersebut berdasarkan Hadist Sahih dibawah ini

عَنْ أَبِي مُوسَى أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أُحِلَّ الذَّهَبُ وَالْحَرِيرُ لِإِنَاثِ أُمَّتِي وَحُرِّمَ عَلَى ذُكُورِهَا

“Dari Abu Musa, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari ummatku, namun diharamkan bagi para pria’.” (HR. An Nasai no. 5148 dan Ahmad 4/392. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Sedangkan secara khusus mengenai cincin emas terjadi ijma’ (kesepakatan) para ulama dalam hal ini akan haramnya. Hal ini berdasarkan hadits riwayat Al Bukhari dan selainnya,

نَهَى عَنْ خَاتَمِ الذَّهَبِ

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang cincin emas (bagi laki-laki)”. (HR. Bukhari no. 5863 dan Muslim no. 2089). Sudah dimaklumi bahwa asal larangan adalah haram.

Berdasarkan Hadist diatas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menegaskan bahwa Emas dan Sultra hanya diperbolehkan digunakan bagi kaum wanita, namun diharamkan bagi kaum pria.

Perhiasan sangat identik digunakan  oleh kaum wanita, namun dewasa ini semakin banyak kaum pria yang ikut ikutan menghias diri layaknya seorang wanita, padahal dalam islam jelas jelas ditegaskan allah sangat melaknat seorang laki laki yang menyerupai perempuan dan begitu juga sebaliknya.
عن ابن عبّاس رضي الله عنه قال: لعن رسول الله صلّى الله عليه وسلّم المتشبّهين من الرجال بالنّساء والمتشبّهات من النّساء بالرجال -رواه البخاري

Dari Ibnu ‘Abbas RA, ia berkata, “Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi Wasallam mela’nat orang laki-laki
yang menyerupai wanita dan para wanita yang menyerupai laki-laki”. [HR. Bukhari]

Berdasarkan Penjelasan secara ilmiah dari para ahli fisika ternyata ditemukan fakta bahwa emas dapat menembus kulit. Alasanya karena Apabila laki-laki mengenakan perhiasan emas, maka atom emas akan masuk ke dalam darah. Jika menumpuk dalam waktu lama di dalam darah maka akan menimbulkan penyakit alzheimer. Apa itu alzheimer ? yaitu suatu penyakit yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami penurunan kemampuan fisik dan mental, salah satu efek yang terasa yaitu mengalami penurunan daya ingat sehingga mudah sekali lupa.

Sementara wanita tidak mengalami efek yang sama seperti pada laki laki, karena perempuan mengalami siklus menstruasi setiap bulan, jadi darah keluar dan timbunann atom emas pun ikut terbuang.

Sebagai Umat islam yang taat maka sepatutnyalah kita selalu berpedoman pada Alquran dan Hadist dalam kehidupan kita sehari-hari, dan tidak mengadopsi budaya budaya yang melenceng dari ketetapan dalam syariat islam.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *