Connect with us

Ternak Sapi Berkeliaran di Jalanan, Warga Resah

Uncategorized

Ternak Sapi Berkeliaran di Jalanan, Warga Resah

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM-Masih banyaknya hewan ternak berupa sapi yang berkeliaran di jalanan Kota, membawa keprihatinan pada warga Rumbia Ibukota Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

Pasalnya, keberadaan hean ternak yang berkeliaran tersebut  dianggap dapat membahayakan keselamatan pengemudi serta mengganggu keindahan kota yang mekar 10 tahun silam itu.

Sayang, upaya antisipasi dari pemerintah setempat, dinilai jauh “panggang dengan api”

“Kami sudah lama aspirasikan ini, tapi berkeliarannya sapi ini, hingga sekarang masih merajalela dimana-mana,” pungkas Arif Tarika warga Rumbia.

Dia menjelaskan, banyak tanaman masyarakat ludes disergap hewan berkaki empat ini. Tak cuma itu, kotoran sapi sambung Arif, merebak dimana-mana di wilayah Rumbia.

“Kami itu, minta pemkab agar menegakkan perda tentang hewan ternak. Artinya jangan membiarkan hewan berkeliaran di ibukota hingga menggangu atau meresahkan masyarakat,” ujarnya.

Ketua Asosiasi pedagang pasar di Rumbia ini menjelaskan, getayangan sapi di ibukota ini, menjalar hingga ke lokasi pasar Utama di Ibukota Bombana. “Sapi itu masuk ke lods-lods pasar dan memakan sejumlah jualan pedagang,” paparnya.

Dia meminta agar pemerintah lekas merealisasikan perda yang menyarankan bagi peternak untuk mengandangkan hewan ternaknya. Selain itu pemerintah mesti menertibkan atau memberi hukuman bagi peternak yang melanggar. “Pemerintah harus eksen terkait ini, utamanya instansi sebagai penegak perda. Tujuannya, agar persoalan sapi ini tidak meresahkan warga ibukota,” tutupnya. (DAR)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top