Terlalu, Tunjangan Guru Terpencil di Bombana Disunat

Sekda Bombana Dukung Dewan

BOMBANA,SUARAKENDARI.COM-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bombana H. Burhanuddin mendukung kinerja DPRD Bombana untuk membongkar kasus pemotongan dana tunjangan guru yang tugas di daerah terpencil (Gudacil) di wilayah Kabupaten Bombana.

Ditengarai kasus penyunatan anggaran gudacil tersebut, dilakukan oleh oknum tertentu di dinas pendidikan pemuda dan olahraga (Dikpora) Kabupaten Bombana. “Belum ada aduan terkait penyunatan itu di saya. Tapi, jika ada yang lakukan itu, lalu DPRD ingin membongkarnya, saya dukung itu,” ujar Burhanuddin.

Mantan Kadis perhubungan provinsi Sulawesi Tenggara ini menyayangkan bila ada oknum yang tega mengambil hak guru yang telah susah payah mengajar di daerah terpencil. “Ini sangat keterlaluan. Orang sudah berkorban mengajar didaerah terpencil, lantas ingin mengambil haknya, tetapi ada oknum oknum tertentu, yang sengaja memotong anggaran tersebut, itu sudah pelanggaran,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, DPRD Bombana siap membongkar kasus pemotongan anggara gudacil yang terjadi di lingkup instansi Dikpora Bombana. Dewan beranggapan penyunatan tersebut sudah terjadi sekian lama, sehingga meresahkan sejumlah guru.

“Tidak usah jauh-jauh jika mengambil contoh, istri saya saja harus relah dipotong anggaran gudacilnya, setiap kali penerimaan di dikpora itu,” kesal syukur anggota DPRD Bombana.

Politisi asal gerindra ini menduga penyunatan itu hampir dialami setiap guru di Bombana yang hendak menerima tunjangan gudacilnya di Dikpora Bombana.

Kata Syukur, Dewan pernah memangil pihak dikpora Bombana untuk menanyakan persoalan pemotongan anggaran itu, namun  instansi yang menangani masalah guru di Kabupaten Bombana ini mangkir alias tidak datang.

Berdasarkan kabar yang berhembus dilapangan, pemotongan anggaran gudacil tersebut hingga mencapai lima juta rupiah, dari total anggaran (dana gudacil) tiap guru sekitar 15 juta per tahunnya. Sementara ditaksir, jumlah guru selaku penerima gudacil di kabupaten Bombana  bisa mencapai ratusan pengajar.(DAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *