Connect with us

Terkuak Manipulasi Daftar Hadir Pegawai di Bombana

Uncategorized

Terkuak Manipulasi Daftar Hadir Pegawai di Bombana

BOMBANA,SUARAKENDARI.COM-Daftar kehadiran atau absensi bagi  pegawai di lingkup Kantor, Dinas dan Badan di Kabupaten Bombana rawan dimanipulasi.

Absensi mesin kehadiran, yang biasa digunakan dengan menempel jari tangan masing-masing instansi dilaporkan rusak. Akibatnya absen kehadiran pegawai kembali seperti dulu, sistem manual alias cukup menceklis .

Badan Kepegawaian Daerah (BKD)Kabupaten Bombana, mencatat Sedikitnya terdapat 13 satuan kerja Perangkat daerah (SKPD) dinyatakan  rusak mesin absensi sidik jarinya.

Belum diketahui penyebabnya, namun kuat dugaan, absen sidik jari tersebut sengaja dirusaki agar mudah mempreteli kehadiran pegawai maupun honorer.

Diketahui, tahun 2013 lalu, Pemkab Bombana adakan absen sidik jari guna mengetahui pegawai yang kerap alpa atau malas masuk kantor. Lewat laporan mesin tersebut, beberapa pegawai diketahui banyak bolos atau malam masuk kantor.

Namun sayang, belum genap setahun, alat kehadiran yang tak pernah bohong itu, dilaporkan rusak. “Ya, memang banyak yang sudah tidak berfungsi. Ada 13 SKPD yang rusak itu. Kami sudah menyurati instansinya, namun belum ada juga jawaban,” ujar salah seorang staf penginput data daftar kehadiran pegawai di BKD Bombana.

13 SKPD tersebut masing-masing Dinas Pertanian, kelautan dan perikanan, pertambangan, Bappeda, Pol PP, Pariwisata, Inspektorat.
Selain itu, ikut tercatat yakni Dinas pendidikan,  BP4K, BPBD, BPKAD serta Puskesmas Rarowatu,

“Karena mesin sidik jari instansi itu rusak, terpaksa kami input dengan mengambil absensi manual mereka, kami regis untuk mengetahui kehadiaran pegawai tiap instansi. Sebab tugas kami untuk mengecek absensi tiap SKPD di Bombana,” ujar penginput lainnya. (DAR)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top