Terkait Ijazah Palsu, Dewan Bombana Usul Bentuk Bansus

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM-Maraknya isu dugaan penggunaan ijazah palsu di jajaran Pemkab Bombana, membuat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bombana gelindingkan pembentukan Bansus.

Amiaddin, Wakil Ketua DPRD Bombana mengaku sudah beberapa anggota yang ajukan usulan tersebut. “Untuk menyikapi dugaan penggunaan ijazah palsu di jajaran Pemkab itu,  teman-teman di Dewan, sudah ada yang ajukan usulan pembentukan Bansus. Kini sementara dikaji di unsur pimpinan,” ujarnya.

Politisi asal PPP ini mengakui jika dugaan penggunaan ijazah palsu tersebut, marak jadi perbincangan ditengah masyarakat. “Tunggu dulu, nanti kami sampaikan jika  bansusnya terbentuk. Ini kan masih tahap usulan. Kami belum bisa mengomentari terlalu jauh,” pungkasnya.

Sebelumnya,  isu penggunaan ijazah palsu merebak,  pasca nyanyian mantan Kepala BKD Bombana, Mushaddad.  Menurut Mushaddad dugaan penggunaan ijazah abal abal itu, telah lama beredar di Kabupaten Bombana.

“Banyak kalau kita telusuri. Saya masih memiliki beberapa data terkait itu. Mereka mengaku lulusan sarjana disebuah perguruan tinggi. Tapi anehnya, tidak terdaftar sebagai mahasiswa di situ (di Perguruan Tinggi tersebut),” terang Musadad kepada wartawan.

Mantan Kepala BKD tahun 2010 lalu ini, menaksir sekitar 20-an, ijazah asli tapi palsu (aspal) telah lama beredar di Bombana. “Diwaktu saya dulu, penggunaan ijazah palsu itu pernah ditemukan, hingga diproses di Polda Sultra,” terangnya.

PNS yang kini bertugas di Universitas 19 November Kabupaten Kolaka ini , masih enggan membeberkan sejumlah nama pejabat yang di duga menggunakan ijazah aspal itu di pemerintahan Bombana.

Sudirman, Anggota DPRD Kabupaten Bombana menyayangkan jika ada oknum birokrat Bombana menggunakan ijazah Palsu.

“Ini patut ditelusuri, selain pelanggaran pemalsuan, juga moral pejabatnya yang berani melakukan manipulasi. Ini berbahaya pada kelangsungan kinerja birokrasi kita kedepan,” tukas politisi asal PBR ini. (DAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *