Connect with us

Terkait Dugaan Kampanye Terselubung Menteri Hukum dan HAM Menuai Kecaman

Hukum & Kriminal

Terkait Dugaan Kampanye Terselubung Menteri Hukum dan HAM Menuai Kecaman

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Dugaan kampanye terselubung yang dilakukan Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin terus menuai kecaman dari masyarakat pemerhati pemilu.

Salah satunya Kisran,Koordinator Pemantau Pemilu PUSPAHAM Sultra bekerjasama Indonesian Corruption Wacth.

Menurutnya, Pemilihan Umum Legislatif yang  tinggal 20 Hari lagi telah dinodai dengan  berbagai cara dan upaya dilakukan para caleg baik untuk DPR RI, maupun DPRD Prov./Kab./Kota Serta DPD RI demi  mendulang suara merebut kursi empuk di parlemen.

Namun menjadi tidak fear bila imcumbent, pejabat Negara atau keluarga pejabat Negara melakukan kampanye atau bahkan masih membungkus dirinya sebagai caleg dengan melabelkan dirinya sebagai pejabat Negara semisal Amir Syamsuddin – Mentri Hukum dan HAM. “Agaknya sulit memisahkan pak Amir sebagai menteri dan sebagai caleg DPR RI dapil sultra, dengan kegiatan penyuluhan hukum yang bersifat dadakan dan massif” kata 

Masih menurut kisran berdasarkan agenda acara Menteri Hukum dan HAM sangat padat yakni meliputi wilayah Konawe Utara, Konawe, Konawe selatan, dan bombana, sebelumnya pak amir sudah ke wilayah kepulauan (Buton dan Bau-bau), lagi2 dengan membungkus sebagai tugas Negara (penyuluhan hukum), pertanyaannya Bawaslu, Panwaslu dan panwascam kemana saja, karena dalam investigasi dan pemantauan PUSPAHAM bersama ICW agenda penyuluhan hukum ini tidak lazim apalagi dilakukan ditengah perhelatan akbar bertajuk Pemilu 2014. Apalagi setiap agenda penyuluhan hukum diikuti dengan fungsionaris Partai Demokrat.

Karena itu kata Kisran, sangat berpotensi Menteri Hukum dan HAM menyalahgunakan fasilitas Negara dan alat Negara utamanya dijajaran pegawai kemenkum HAM, “Kami menduga adanya ajakan dan arahan disetiap lapas / Kanwil Kemenkum HAM Sultra untuk memilih caleg DPR RI No. 1 (Amir Syamsuddin), dan kami juga menduga fasilitas Negara semacam mobil plat merah milik kemenkum HAM dijadikan plat gantung. Untuk urusan kampanye berkedok penyuluhan Hukum.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top