Connect with us

Tentang Cerita Rakyat Tumburano

Uncategorized

Tentang Cerita Rakyat Tumburano

KONKEP,SUARAKENDARI.COM-Obyek wisata eksotis tumburano tak lepas dari cerita rakyat masyakat wawonii tentang sepasang kekasih yang tengah rundung asmara namun berakhir tragis. Seperti diceritakan warga setempat, bahwa, konon dua pasang kekasih bernama wulangkinokoti (putri raja ) dan Durubalewulaa (putra rakyat biasa ) tidak direstui oleh sang raja. Penolakan cinta itu membuat Durubalewulaa bunuh diri dengan melompat dari puncak air terjun tumburano.

Sebelum melompat Durubalewulaa membuang seruling sakti miliknya ke sisi air terjun dan konon seruling menjelma menjadi bambu yang kini banyak tumbuh disekitar lokasi air terjun tumburano.

Mengetahui kekasihnya bunuh diri, wulangkinokoti juga memilih bunuh diri dengan melompat dari puncak ke dua air terjun dan sebelum membuang potongan selendang atau renda dan saat itu pula selendang menjelma jadi enau yang juga banyak tumbuh di daerah.

Nah, bagi warga lokal menikmati wisata di Tumburano tentu tak sembarang membuang kalimat atau berkata-kata yang tidak sopan di dalam kawasan karena dipercaya akan membawa ketidakberuntungan.

Demikianlah legenda cerita rakyat yang hingga kini masih hidup dalam hati masyarakat wawonii. YOS

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top