Tenaga Kerja Tiongkok Mulai Banjiri Sultra

SUARAKENDARI.COM-Aktifitas pertambangan menjadi magnet tersendiri bagi tenaga kerja asing asal tiongkok. Dalam beberapa bulan terakhir para pekerja dari negeri tirai bambu terus berdatangan ke Sultra.

Diduga kuat kedatangan mereka terkait dengan pekerjaan di perusahaan smelter yang kini telah berdiri di sejumlah kabupaten, di antaranya di Kabupaten Konawe, Konawe Selatan dan Konawe Utara.

Kehadiran para pekerja asal china ini terpantau dari kedatangan mereka melalui jalur penerbangan. “Saat dalam penerbangan hari ini, sekitar 80 persen penumpang didominasi oleh tenaga kerja asal tiongkok,”kata Nato, salah satu penumpang pesawat Lion Air. Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari pemerintah daerah terkait dengan banyaknya tenaga kerja asing yang kini masuk ke sultra.

Sementara itu, jauh sebelum tenaga kerja asal Tiongkok meransek masuk ke Sultra, mantan senator asal Sulawesi Tenggara, DR Laode Ida sudah mewarning dan mendesak Menteri Ketenagakerjaan, Muhammad Hanif Dhakiri untuk menjelaskan kepada masyarakat terkait dugaan masuknya ribuan pekerja asal China ke Indonesia.

Menurut Laode Ida kondisi ini cukup ironis di tengah negara ini surplus tenaga kerja hingga harus diekspor sebagai TKI ke manca negara. “Ribuan tenaga kerja asal China sudah masuk ke Indonesia, ini harus ada penjelasan pada masyarakat,” kata Laode Ida di Jakarta,seperti dilansir sejumlah media nasional.

Mantan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI ini mengaku, mustahil ribuan tenaga kerja asing bisa masuk ke pelosok-pelosok Indonesia tanpa mengantongi izin dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

Selain mempertanyakan Kemenaker, Laode Ida juga meminta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk memberikan penjelasan tentang ribuan tenaga kerja China tersebut.

“Apakah ini bagian dari kerja mafia tenaga kerja luar negeri. Cara-cara seperti itu, yakni secara diam-diam dan manipulasi dokumen, sudah sering dilakukan. Negara harus memastikannya,” desak Laode Ida. SK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *