Temuan Rp 833 Juta, KPU Sultra Segera Benahi Keuangan dan Asset

SUARAKENDARI.COM, Adanya temuan yang disampaikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebesar Rp. 833 juta, membuat KPU Sultra akan membenahi keuangan dan asset yang menjadi temuan tersebut.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah, membenarkan tentang adanya temuan yang disampaikan BPK RI, namun hal itu tidak hanya terjadi pada masa kepengurusannya, melainkan pada komisioner sebelumnya.

“Memang kami telah diberitahukan tentang temuan tersebut, tapi itu terjadi sejak tahun 2012 sampai 2014, artinya masih kepengurusan yang lain, kalau yang 2014 masalah Pilcaleg dan pilpres, ada beberapa asset dan beberapa administrasi yang masih kurang dan belum lengkap,” terangnya.

Dikatakannya, dalam temuan tersebut ada beberapa kelebihan pembayaran tiket, termasuk asset dan barang inventaris kelembagaan yang masih belum jelas.

Namun hal tersebut bukan hanya menjadi temuan KPU Sultra melainkan KPU Kabupaten/kota. Sehingga pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak sekretariat baik provinsi maupun kabupaten/kota.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak sekretariat, kami juga terkendala karena orang-orang sekretariat yang lama sudah berganti, tapi kami usahakan paling cepat awal Juli, meskipun pihak BPK RI memberikan kami waktu dua tahun untuk melakukan pembenahan atau pengembalian jika memang masih ada dana yang tersisa,” katanya.

Dalam melakukan beberapa kegiatan dan perjalanan, pihak BPK RI menemukan ada beberapa bukti yang masih kurang, sehingga pihaknya saat ini sedang berusaha untuk melengkapi semua yang diminta tersebut.

Terkait asset, pihak sekretariat juga akan mengambil beberapa gambar kendaraan baik itu roda dua dan roda empat, yang sudah rusak tapi tetap masuk dalam asset.

“Kalau namanya asset, biar sudah rusak harus tetap ada bukti, kan kalau sudah rusak kita tidak perlu kembalikan yang penting ada buktinya bahwa barangnya ada tapi rusak,” katanya.

Untuk itu, pihaknya akan segera melakukan koordinasi secepat mungkin, jika masih ada yang dianggap temuan dan harus dikembalikan, dalam hal ini sisa pembayaran tiket makan akan segera dilakukan. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *