Connect with us

Tegakkan Permen Perikanan dan Kelautan, Satker Karantina Gagalkan Penyelundupan Kepiting

Uncategorized

Tegakkan Permen Perikanan dan Kelautan, Satker Karantina Gagalkan Penyelundupan Kepiting

KOLAKA,SK.COM- Satuan kerja Karantina Ikan Kabupaten Kolaka mengamankan lebih dari seratus ekor kepiting bakau betina siap jual. Parahnya kepiting betina ini memasuki masa yang produktif untuk berkembang biak.

Nur Yakin, salah satu staf satuan kerja karantina yang ikut mengamankan kepiting bakau itu mengatakan pihaknya sementara melakukan sosialisasi dipelabuhan feri namun menemukan dua koli (gabus ikan) kepiting bakau betina yang akan dikirim ke Makassar (sulsel) .

“Kepiting bakau itu kami temukan diatas bis angkutan umum antar kota antar provinsi yang akan melakukan penyeberangan feri menuju pelabuhan Bajoe,” katanya.

Menurutnya saat ini kementerian kelautan dan perikanan sudah mengeluarkan permen nomor 01 tahun 2015 mengenai pelarangan penjualan kepiting betina dengan ukuran tertentu.

Nur Yakin juga menjelaskan kepiting yang diamankan ini berasal dari kota Kendari dan akan di bawa ke Makassar untuk dijual. “kepiting bakau ini untuk sementara kita amankan di kantor karantina ikan sambil menunggu pemiliknya agar dikembalikan ke habitatnya,” ungkapnya.

Hasil penangkapan ini kata dia,akan dibuatkan berita acara oleh satker karantina ikan untuk dikembalikan ke habitatnya untuk menjaga populasi kepiting bakau yang saat ini sudah mulai berkurang. “Kita juga sementara menunggu pemilik kepiting ini dari Kendari dan sesuai arahan dari pimpinan makanya dibuatkan berita acara penolakan,” jelas Nur Yakin.

Selain itu lanjut dia,pihak karantina ikan juga melakukan pengawasan seperti lobster dan kepiting rajungan yang memang saat ini marak diperdagangkan. (Man)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top