Connect with us

Tarsius Jadi Logo dan Maskot Porprov XII

Metro

Tarsius Jadi Logo dan Maskot Porprov XII

KENDARI, SUARAKENDARI.Com-Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sultra dan pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara merilis maskot dan logo pekan olahraga provinsi (Porprov) XII.

Untuk maskot Porprov panitia memilih hewan Tarsius (pygmi butuninsi) yang menggunakan sarung yang bercirikan khas Buton dan memegang obor, sedangkan untuk logo diberi nama Kerang Kulisusu.

Sekretaris KONI Sultra Erikson Ludji menjelaskan, pemilihan maskot porprov ini merupakan hasil sayembara yang dilakukan beberapa bulan lalu.

“Logo kerang kulisusu mengambarkan identitas Buton Utara yang berciri khas masyarakat yang terbuka, sedangkan pemilihan Tarsius sebagai maskot karena hewan langka ini masih banyak terdapat di Kabupaten Buton Utara” terangnya.

Untuk maskot Tarsius (Red:kera kecil bermata lebar) yang berbalutkan kain tenunan khas Buton mengambarkan masyarakat yang masih memengang teguh adat dan budaya serta kearifan local, sementara api obor yang membara mewakili arti semangat, keberanian dan sportivitas yang dijunjung tinggi dalam pelaksanaan kompetisi. ALIN

1 Comment

1 Comment

  1. erwin

    March 11, 2014 at 11:18 pm

    pemilihan Tarsius sebagai Maskot Porprov XII tidk pernah disayembarakan, kalau memang ada mana pengumumannya? mana pemenangnya ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top