Connect with us

Tarif AKDP Naik 22,14 Persen

Metro

Tarif AKDP Naik 22,14 Persen

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Setelah kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pekan lalu, secara otomatis kenaikan akan kebutuhan lainnya juga mengikut.

Tanpa terkecuali, kenaikan tarif angkutan secara otomatis harus disesuaikan dengan kenaikan harga BBM agar sopir dan perusahaan angkutan tidak dirugikan.

Kabid Pengembangan Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara, Haswandy mengatakan bahwa berdasarkan rapat yang diadakan bersama dengan stekholder terkait, maka diputuskan untuk menaikkan tarif Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) sebesar 22,14 persen secara keseluruhan.

“Siang ini kami sama-sama menggelar rapat bersama dengan seluruh elemen terkait antara lain, organda, masyarakat, akademisi, PO Angkutan dan beberapa elemen lainnya guna membahas dan menyetujui tarif AKDP yang baru seiring dengan kenaikan BBM, maka kami sudah sepakat untuk menaikkan sebesar 22,14 persen,” terang Haswandy usai menggelar rapat di Kantor Gubernur Sultra, Selasa (25/11/2014).

Dikatakannya, kenaikan tersebut sudah dikalkulasikan dengan kebutuhan dan pengeluaran onderdil untuk mobil.

“Kami juga mempertimbangkan faktor muatnya, kalau faktor muatnya lebih dari 70 persen setiap hari, mungkin kenaikannya tidak seperti itu, hanya saja kami hitung dengan pendapatannya tidak sesuai, jadi kenaikannya 22,14 persen,” jelasnya.

Ditegaskannya pula, kenaikan tersebut tidak bertentangan dengan keputusan Menteri Perhubungan yang menetapkan kenaikan sebesar 10 persen.

“Memang ada anjuran dari Menteri Perhubungan untuk kenaikan 10 persen saja, tapi itu tidak memungkinkan untuk Sultra,” tegasnya. (LINA)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top