Connect with us

Tanggap Bencana, Tagana Sultra Bersihkan Kali Kadia

Metro

Tanggap Bencana, Tagana Sultra Bersihkan Kali Kadia

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan aksi bakti sosial berupa pembersihan kali kadia sebagai salah satu bentuk pencegahan terhadap bencana banjir.

Ketua Tagana Sultra, Alham Kurniawan, menuturkan bahwa kegiatan bakti sosial yang dilakukan hari itu merupakan rangkaian dari HUT Tagana ke-10 yang jatuh pada tanggal 24 Maret mendatang, sehingga pihaknya berusaha memberikan contoh kepada masyarakat untuk selalu menjaga kondisi lingkungannya.

“Bakti sosial yang kami lakukan hari ini sebagai salah satu cara kami untuk mengajarkan kepada masyarakat agar bisa menjaga lingkungannya, seperti yang kita ketahui pula bahwa kali kadia merupakan salah satu Daerah Aliran Sungai (DAS) sehingga jika kita tidak menjaga kebersihannya tentu akan rawan banjir,” katanya disela-sela kegiatan bakti sosial, Sabtu (22/3/2014).

Personil yang diturunkan hari itu sekitar 50 orang untuk menyusuri kali kadia hingga kali mandonga yang merupakan titik keramaian dan kali yang berada ditengah kota.

Ia berharap melalui kegiatan bakti sosial yang dilakukan hari itu, dapat memberikan pelajaran dan kesadaran kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Pasalnya, jika hal tersebut terus dilakukan secara terus-menerus maka akan menyebabkan banjir.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini masyarakat bisa terpanggil untuk bisa selalu menjaga lingkungannya, karena kita juga tidak bisa jika hanya berharap dari Tagana saja, sementara wilayah atau kondisi lingkungan kita harus tetap diperhatikan,” ujarnya. (LINA)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top