Connect with us

Tambang Sultra Berpotensi untuk Diaudit

Suara Lingkungan

Tambang Sultra Berpotensi untuk Diaudit

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sulawesi Tenggara (Sultra) Rusbandriyo menegaskan bahwa perusahaan tambang yang ada di Sultra berpotensi untuk dilakukan audit, meskipun sejauh ini belum dilakukan audit.

“Memang belum pernah dilakukan audit, tapi untuk perusahaan tambang di Sultra berpotensi untuk dilakukan audit jika perusahaan tambang yang ada selama ini tidak melakukan tanggung jawabnya terhadap berbagai kerusakan yang telah terjadi,” terangnya.

Bagi perusahaan tambang yang sudah memiliki izin namun tidak melakukan kewajibannya untuk melakukan perbaikan terhadap lingkungan, maka bisa saja langsung dilakukan audit oleh auditor yang sudah memilikilisensi.

Ia juga menyadari bahwa auditor yang akan melakukan audit terhadap perusahaan tambang bukan orang sembarangan melainkan mereka yang memiliki pendidikan khusus yang telah dikeluarkan dari Kementrian BLH.

“Untuk menghitung kerugian akibat dari kerusakan tambang tidak dilakukan begitu saja karena mempunyai hitungan tersendiri, makanya auditor yang diturunkan benar-benar mereka yang sudah berpengalaman dibidangnya dan untuk melakukan audit tersebut mungkin saja dilakukan jika semua pihak terkait bisa mendorong untuk dilakukan hal tersebut,” ujarnya. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Suara Lingkungan

To Top