Connect with us

Tambang Ilegal Marak, Polisi Janji Bakal Tindak Tegas

Daerah

Tambang Ilegal Marak, Polisi Janji Bakal Tindak Tegas

– Kapolres Bombana : Saya beri waktu Hingga Seminggu

SUARAKENDARI.COM–Kapolres Bombana AKBP Hery Susanto mulai tegas sikapi maraknya kasus tambang Galian C ilegal di Kabupaten Bombana.

Tambang golongan pasir dan Batu itu akan ditindak tegas jika terbukti tidak miliki dokumen sah. “Saya beri waktu kira-kira seminggu atau dua minggu ke depan. Jika tidak, (lengkapi dokumen izinnya red.) saya akan proses,” pungkasnya.

Kapolres yang dilantik pertengahan September lalu itu, akui fenomena galian C secara ilegal di Kabupaten Bombana sangat kompleks dan rumit.

“Kami pernah panggil yang ilegal itu. Alasan mereka menambang itu, akibat memburu suatu pekerjaan proyek. Katanya, jika dia mengambil satu tempat, mereka tidak akan mampu cukupi (pasokan bahan baku). Sementara proyek harus terus jalan (di batasi dead line waktu),”jelasnya

Menanggapi persoalan itu, sambung Hery sebagai langkah solusi,polisi memberi tenggat waktu. “Kami sebagai polisi, kita bukan algojo kan? Sebagai polisi itu, tidak serta merta harus begini begitu,” terangnya

“Saya beri waktu. Mereka harus segera mengurus izin. kira-kira seminggu atau dua minggu ke depan. Jika tidak, kami akan proses,” ujarnya.

Sebelumnya, hasil investigasi DPRD Kabupaten Bombana menyebutkan sekitar 14 penambang galian C Ilegal di kabupaten Bombana diduga ilegal.

“Mereka sudah lama beroperasi tapi tidak kantongi izin menambang hingga izin lingkungannya. Tapi ajaibnya, sudah lama tabrak aturan, tapi tidak diapa apakan. Justru mereka dengan leluasa beraktivitas. Daerah ini sangat lengah, mulai dari penindakan maupun pengawasan,” ungkap Aflan Zulfadly anggota DPRD Kabupaten Bombana belum lama ini (DAR)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daerah

To Top