Tak Terima Tanahnya Diambil Paksa Perusahaan Sawit, Ratusan Petani Mengadu ke Bupati Konsel

SUARAKENDARI.COM-Ratusan petani di dua kecamatan (Landono dan Momila) unjuk rasa di Kantor Bupati Konawe Selatan di Andoolo Selasa pagi. Warga mengadukan perlakuan semen-mena perusahaan perkebunan sawit PT Merbau Jaya yang menggusur tanah dan tanaman milik warga di wilayah tersebut.

Warga tidak terima karena di atas tanah milik bersertifikat tersebut telah tumbuh aneka tanaman produktif, seperti, lada, kelapa, kakao dan sawit dan ironisnya telah dipatok perusahaan sebagai wilayah konsesi perkebunan PT Merbau Jaya. Bahkan, sebagian besar tanaman telah digusur dengan menggunakan alat berat milik perusahaan.

“Ini sangat keterlaluan perusahaan yang nota bene tidak memiliki lahan justeru dengan leluasa datang dan mengambil tanah-tanah dan merusak tanaman milik masyarakat. Ini tidak boleh dibiarkan,”kata Kepala Desa Mowila Rahman Kalenggo saat dikonfirmasi wartawan.

Atas tindakan sewenang-wenang warga bersama pemerintah desa akan mengadukan masalah tersebut kepada Pejabat Bupati Konsel Irawan Laliasa yang baru saja dilantik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *