Tak Pernah Lelah Melakukan Inovasi Meningkatkan PAD

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Peningkatan pencaipaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Kendari yang diraih saat ini melalui proses panjang dan kerja keras Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) memenuhi target yang telah ditetapkan.
Dinas pendapatan Daerah Kota Kendari sebagai Koordinator pengelolaan PAD terus mengupayakan sumber-sumber baru untuk meningkatkan PAD Kota Kendari.
Kepala Dinas Pendapatan Kota Kendari Nahwa Umar mengaku merasa tertantang untuk terus meningkatkan PAD khusunya yang di kelola dinas Pendapatan Kota Kendari.
“Banyak program yang dirancang Pak Wali kota untuk masyarakat Kota Kendari, makanya sumber-sumber PAD harus terus kita genjot agar pembangunan itu terealisasi, biar sumber-sumber kecil harus kita garap,” katanya.
Penerapan parkir elektronik (Smart Parking) juga merupakan salah satu upaya yang dilakukan dinas pendapatan untuk meningkatkan sumber PAD. Menurutnya pemberlakukan smart parkir memberikan dampak terhadap pencapaian program pemerintah kota sebagai smart city sekaligus menjadi sumber PAD baru bagi kota Kendari.
Mantan Kepala Inspektorat Kota Kendari ini mengaku penerapan smart parkir bisa berpengaruh terhadap pendapatan daerah, di mal Mandonga misalnya selama pengelolaan parkir secara manual sumbangan PAD sekitar Rp 11 juta perbulan dan setelah menggunakan parkir elektronik pendapatan meningkat hingga puluhan juta perbulan.
“Pengelolaan parkir elektronik ini kita tidak mengeluarkan investasi, namun setiap bulan kita dapat bagi hasil 30 persen dan pajak, tapi 5 tahun kemudian fasilitas portal elektronik akan menjadi milik pemkot Kendari dan pengelolaan sepenuhnya dilakukan pemerintah kota “jelasnya.
Saat ini pemerintah kota Kendari telah memasang parkir elektronik di sejumlah tempat yakni, Mal Mandonga, Pasar Sentral Kendari, Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari dan Pasar Baruga.(ALIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *