Connect with us

Sultra Resmi Canangkan Pendidikan Inklusif

Sultra Resmi Canangkan Pendidikan Inklusif

Suara Pendidikan

Sultra Resmi Canangkan Pendidikan Inklusif

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Sulawesi Tenggara (Sultra) secara resmi mencanangkan pendidikan inklusif, Jumat (19/9/2014) , yang diresmikan oleh Wakil Gubernur Sultra, Saleh Lasata di Pelataran Eks.MTQ.

Dirjen PAUDNI Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI , Hamid Muhammad mengatakan, Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan Provinsi yang ke-7 se indonesia yang mencanangkan Pendidikan Inklusif.

“Jika kita melihat seluruh provinsi yang ada di Indonesia, yang mencanangkan pendidikan inklusif baru ada enam, dengan resminya Sultra mencanangkan pendidikan inklusif, maka menjadi provinsi ke-7, sementara untuk kabupaten/kota yang sudah mencanangkan pendidikan inklusif ada 36 se-Indonesia,” terangnya saat berkunjung di Kota Kendari.

Menurutnya, pendidikan inklusif merupakan salah satu sarana efektif dalam pembentukan karakter, dimana melalui pendidikan inklusif bisa menumbuhkan semangat kerja dan saling menghargai perbedaan satu sama lain.

Dikatakannya pula, semua orang memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan, sehingga melalui pendidikan inklusif yang resmi dicanangkan , Sultra membuktikan mampu memberikan pendidikan secara rata dan menyeluruh.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sultra, Saleh Lasata, mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya untuk terus memajukan mutu pendidikan yang ada di Sultra. Untuk itu, salah satu yang menjadi titik berat dalam kebijakan yang diambilnya melalui bahteramas dengan memberikan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP).

“Sejak tahun 2008 kami telah menitik beratkan pendidikan dalam salah satu program kami melalui RPJMD, dengan menganggarkan sekitar kurang lebih 4,7 Milyar untuk pendidikan, sebagai wujud komitmen maka Sultra mencanangkan pendidikan inklusif,” terangnya. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Suara Pendidikan

To Top