Connect with us

Sultra Punya Sembilan Bahasa Daerah  

Metro

Sultra Punya Sembilan Bahasa Daerah  

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Lokakarya Korespondensi Bunyi-Bunyi Bahasa Daerah Sulawesi Tenggara berdasarkan hasil penelitian Kantor Bahasa Provinsi Sultra menyebutkan bahwa di Sulawesi Tenggara terdapat sembilan (9) bahasa daerah meliputi kelompok Bahasa Bungku -Tolaki yakni Bahasa Daerah Tolaki, Bahasa Daerah Culambacu, Bahasa Daerah Moronene, dan Bahasa Daerah Kulisusu.

Kemudian kelompok Bahasa Muna-Buton yang terdiri dari Bahasa Daerah Muna, Bahasa Daerah Wolio, Bahasa Daerah Ciacia, Bahasa Daerah Lasalimu-Kamaru dan Bahasa Daerah Pulo.

Yang membuat peserta bertanya-tanya Bahasa Daerah Pulo yang penuturnya berada di Kabupaten Wakatobi atau lebih di kenal dengan sebutan Kepulauan Tukang Besi, Setujukah mereka dengan nama bahasa daerah PULO ?

Nah, hal ini perlu kajian lebih lanjut tentang nama bahasa yang akan digunakan di Kepulauan Tukang Besi itu.

Menurut Koordinator Intern Kantor Bahasa Sultra Firman A.D., S.S. M.Si. momentum Kongres Bahasa Daerah yang akan digelar Oktober 2014 saat yang tepat untuk merekomendasikan untuk menamai bahasa Pulo dan inisiatif ini diharapkan lahir dari Pemerintah Kabupaten Wakatobi. (Anton Ferdinan)

Continue Reading
You may also like...
1 Comment

1 Comment

  1. lisna

    July 8, 2014 at 11:55 am

    saya sebagai orang wakatobi setuju dengan penamaan bahasa wakatobi dengan nama bahasa pulo yang penting tidak bergeser dari bahasa asli wakatobi khusnya.  ada yang mau saya tanyakan terkait penamaan bahasa tersebut.  seperti yang diketahui bahwa setiap pulau di wakatobi mempunyai dialek yang berbeda beda antara wanci, kaledupa, tomia, binongko. seperti halnyakonduo  ( gila) dalam bahasa kaledupakombeo ( gila ) dalam bahasa wanci) yang saya tanyakan trus bahasa pulo itu menyangkut wakatobi keseluruhan karena seperti yang saya contohkan diatas terjadi pernbedaan bahasa ditiap pulau di wakatobi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top