Connect with us

Sultra Masuk 6 Besar Lomba Nautica Pada LKS di Palembang

Hukum & Kriminal

Sultra Masuk 6 Besar Lomba Nautica Pada LKS di Palembang

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Siswa SMK 2 Pelayaran Kabupaten Kolaka,
Sulawesi Tenggara, berhasil masuk enam besar pada lomba Nautica (perkapalan) dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) XXII di Palembang. Sementara lomba Welding (pengelasan) Provinsi Sultra masuk dalam 16 besar dari 33 provinsi yang ikut bertarung dalam lomba tingkat nasional tersebut.
  
Sebelumnya, lomba Nautica, Welding dan Painting menjadi andalan Provinsi
Sultra pada setiap kegiatan LKS di tingkat nasional.  
 
Ketua Musyawarah kerja kepala sekolah SMK  Provinsi Sultra, Yulis mengatakan, pihaknya Ingin semua lomba masuk 10 besar di tingkat nasional dalam LKS itu, namun hal itu dibatasi oleh kemampuan siswa.
 
“ Harusnya ada diklat guru produktif, kerjsama sama dengan industri
pasangan atau dunia usaha. Jadi bukan hanya guru yang dilibatkan tapi dunia
industri dari luar juga,” tuturnya, Rabu (27/8/2014).
 
Yulis menjelaskan, perlu ditingkatkan koordinasi dan dukungan pemerintah provinsi melalui dinas pendidikan dan kebudayaan agar bersinergi dengan dikbud Kabupaten/Kota. Dukungan itu bukan hanya moral, tetapi financial dan fasilitas.
 
“ Kita akan sulit berkompetisi dengan Provinsi lain, kalau kita tidak saling mendukung dan berkoordinasi untuk mengembangkan keahlian siswa SMK,”ujarnya.
 
Selain itu, semua pihak terkait juga harus mempersiapkan peserta didik sejak dini. Bukan saat menjelang pelaksanaan lomba saja. “ Sebenarnya sudah cukup bagus apa yang dilakukan Dikbud Provinsi Sultra, cuman kurang sinergis saja, sehingga tidak jalan sendiri-sendiri. Kalau ini maksimalkan bisa melahirkan peserta didik yang siap dalam menunjukkan keahliannya,” katanya.
 
Untuk diketahui, Kontigen Sultra pada LKS kali ini mengikuti 21 lomba.
Dalam kegitan itu, Provinsi DKI Jakarta menjadi juara bertahan dalam Lomba
Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan Tingkat Nasional XXII Tahun 2014 dengan meraih 13 medali emas, 11 medali perak dan enam medali perunggu.

Pengumuman pemenang LKS yang dilaksanakan di Sriwijaya Promotion Center Palembang, Sumatera Selatan, Minggu dini hari, diwarnai protes dari kontingen Propinsi DKI Jakarta saat panitia mengumumkan Provinsi Jawa Tengah sebagai pemenang.

Kontingen dari Provinsi DKI Jakarta memprotes keputusan panitia penyelenggara yang mengumumkan Provinsi Jawa Tengah sebagai peraih gelar juara pertama dengan perolehan 13 medali emas dan menempatkan DKI Jakarta di posisi kedua dengan sembilan medali emas dan Provinsi Jawa Timur di posisi juara ketiga.

Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Mustaghfirin, yang mendampingi Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim pada acara pengumuman pemenang lomba yang diikuti SMK dari 34 provinsi itu, kemudian meminta panitia menghitung ulang perolehan medali.

Setelah dihentikan beberapa saat panitia kemudian menganulir kemenangan Provinsi Jawa Tengah dan menyatakan Provinsi DKI Jakarta sebagai juara

Mustaghfirin lantas mengumumkan DKI Jakarta sebagai Juara I dengan perolehan 13 medali emas dan Jawa Tengah di posisi kedua dengan 11 medali emas.

Lomba Kompetensi Siswa SMK tingkat nasional merupakan kegiatan tahunan untuk menyeleksi bakat-bakat siswa SMK sesuai bidang masing-masing. Ada 52 bidang yang dilombakan pada LKS SMK 2014.

LKS SMK Nasional XXII  2014 mulai 18-24 Agustus ini mengangkat tema membangun manusia Indonesia berkarakter dan berdaya saing
global.KIKI

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top