Sultra Genjot Pengembangan Pariwista Maritim

SUARAKENDARI.COM-Pengembangan potensi pariwisata maritim sebagai salah satu andalan potensi wisata yang akan menjadi sumber kemajuan dan kemakmuran rakyat di daerah itu. Demikian dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sultra, Zainal Koedoes, pada wartawan di Kendari.

“Sektor maritim di daerah ini sangat potensial dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian daerah dan sebagai penunjang ekonomi nasional,” katanya.

Selama ini, sektor kelautan masih sebatas menghasilkan produk perikanan, sehingga belum mampu memberdayakan potensi ekonomi maritim sebagai potensi pariwisata yang menjanjikan bagi wisatawan.

Menurut dia, salah satu destinasi wisata dunia ada di Sultra yakni Taman laut Kepulauan Wakatobi, dan itu merupakan bagian dari pariwisata maritim.

Selain Wakatobi, katanya, masih banyak terbentang deretan potensi destinasi wisata yang ada di perairan Sultra yang bisa dikembangkan menjadi wisata.”Ada pulau Labengki, ada Pulau Hari, sekarang ada Pulau Bokori, di sekitar pulau itu terdapat taman-taman karang yang indah,” katanya.

Dikatakan, obyek wisata serta daya tarik yang ada di wilayah perairan Sultra umumnya merupakan salah satu aset dari bangsa Indonesia.

“Aset yang ada ini kiranya dapat dipromosikan, sehingga obyek wisata ini bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk bisa datang dan menikmati keindahan alam laut di daerah ini,” katanya. SK/ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *