Connect with us

Sultra Bertarung di LKS Nasional

Suara Pendidikan

Sultra Bertarung di LKS Nasional

PALEMBANG, SUARAKENDARI.COM- Sebanyak 47 kontingen dari Sulawesi Tenggara (Sultra) siap bersaing dalam Lomba Keterampilan Siswa (LKS) tingkat nasional XXII yang dimulai dari 18-24 Agustus 2014, dipusatkan di Sriwijaya Promotion Center Palembang, Sumatera Selatan.

Dari 52 lomba, kontingen Sultra mengikuti 21 lomba. Tak hanya itu, hasil karya siswa SMKN 1 Polinggona ikut memeriahkan pameran.
Koordinator lomba SMK Sultra, Faisal mengatakan bahwa pada ajang nasional sebelumnya Sultra telah meraih beberapa prestasi dan masuk dalam sepuluh besar.

“ Kita berharap tahun ini, siswa SMK dari Sultra bisa masuk juara minimal 10 besar, andalan lomba tahun ini masih Nautica atau jurusan perkapalan. Pada tahun 2009, untuk lomba Nautica pernah meraih juara dua,” terangnya, Selasa (19/8/2014) di Palembang.

Selain itu lanjut Faisal, pihaknya juga mengandalkan painting pada lomba LKS tahun ini. Pasalnya, painting atau seni lukis siswa dari Sultra sering masuk sepuluh besar.

“Lomba yang akan diikuti siswa yakni otomotif, instalasi listrik, kerja bangunan, akomodasi perhotelan, tata boga,otocat, gambar bangunan, painting, riba kayu, kabinet market, pengolahan aset pertanian, agronomi, akutansi, sekretaris, pemasaran, nautica, tata kecantikan, tata busana, sofware aplikasi,” ujarnya.

Adapun sekolah yang ikut dalam LKS berasal dari, SMK 2 Kendari, SMK 2 Kolaka, SMK 2 Baubau, SMK 2 Pasar Wajo, SMK 1 Kendari, SMK 1 Unaaha, SMK 5 Baubau dan SMK 4 Kendari.

“ Kita berharap dengan adanya lomba ini, semakin meningkatkan kompetensi dan inovasi dari siswa. Sehingga bisa mengharumkan nama Sultra dan bisa berguna bagi mereka setelah lulusan dari SMK,” kata ketua Yulis ketua MKKS Sultra

Pihaknya sangat mengandalkan dua kegiatan lomba yakni Nautica dan Welding atau pengelasan. Pasalnya, siswa yang akan mengikuti dua lomba tersebut sudah pernah beberapa kali mendapatkan praktek kerja di industri.

“ Khusus lomba Nautica siswa telah mengikuti praktek kerja di PT Cilacap di pelabuhan samudera Kendari, sedangkan Welding di PT. Antam Pomalaa,” tambahnya.

Ratusan peserta LKS berasal dari 33 Provinsi yang bertempat dipusatkan stadiun Jaka Baring Palembang. Ratusan peserta menempati wisma atlit Jaka baring selama sepekan.KIKI

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Suara Pendidikan

To Top