Connect with us

Sultra Berhasil Jadi Tuan Rumah Hari Aksara Internasional

Suara Pendidikan

Sultra Berhasil Jadi Tuan Rumah Hari Aksara Internasional

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang didaulat sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Aksara Internasional (HAI) yang ke-49 yang berlangsung di Kota Kendari sejak tanggal 18 September dan puncak kegiatannya dilakukan hari ini 20 September 2014.

Sebagai tuan rumah HAI, Sultra dinilai berhasil dalam melakukan penyelenggaraan momentum penting tersebut. Mulai dari berbagai persiapan yang dilakukan sebelum kegiatan hingga puncak acara yang dihadiri langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh.

Masno, salah seorang peserta dari Provinsi Jawa Timur, menuturkan bahwa ia menilai keberhasilan Sultra sebagai tuan rumah bukan hanya karena berhasil dalam seluruh kegiatan, tetapi juga launching yang Pendidikan Inklusif yang telah dilakukan Sultra pada tanggal 19 Spetember 2014, semakin membuktikan komitmen pemerintah.

“Jujur saja, saya menilai penyelenggaraan HAI di Sultra ini berhasil, kami juga tamu dari luar dilayani dengan baik, apresiasi juga kami berikan terhadap pencanangan pendidikan inklusif yang dilakukan Sultra,” ujarnya.

Menurutnya, berbagai rangkaian kegiatan yang dilakukan mulai dari Festival Taman Bacaan Masyarakat, adanya kegiatan Gebyar PAUD, hingga pameran pendidikan yang dilakukan semua perwakilan provinsi membuktikan kesiapan Sultra yang cukup matang.

“Stand-stand yang disediakan Sultra untuk kami dari provinsi luar sudah cukup bagus, orang-orang disini juga sangat ramah memberikan pelayanan kepada kami,” tukasnya.

Sementara itu, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa keberhasilan Sultra sebagai tuan rumah tidak lepas dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki dan komitmen yang dibangun bersama agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar dan aman.

Dikatakannya pula, pada momentum HAI itu bahwa hal utama untuk memerangi keaksaraan tidak hanya difokuskan pada buta huruf saja melainkan harus meningkatkan pula informasi, sosial dan berbagai kegiatan lainnya.

“Kualitas suatu bangsa itu pasti ditentukan oleh SDMnya, kalau SDMnya baik, maka secara menyeluruh akan mengikuti pula baik itu pendidikan dan berbagai sektor lainnya,” katanya.

Untuk itu, ia terus mendorong pemerintah agar tetap berupaaya untuk memajukan SDM yang ada di daerah guna mendorong perbaikan pada mutu dan kualitas pendidikan. (LINA)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Suara Pendidikan

To Top