Connect with us

Staf DKP Dilatih Jadi Humas

Suara Pendidikan

Staf DKP Dilatih Jadi Humas

 

KENDARI, SUARAKENDARI.Com-Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulawesi Tenggara dan Indonesia Marine and Climate Support (IMACS)-USAID menyelenggarakan pelatihan komunikasi di Kendari. Pelatihan yang berlangsung dari 17 hingga 20 Februari tersebut bertujuan meningkatkan kapasitas staf dinas dalam melakukan kampanye di bidang kelautan dan perikanan.

Dalam pelatihan tersebut para peserta mempelajari bagaimana membuat perencanaan komunikasi kampanye yang efektif dan efisien hingga membuat materi kampanye dalam bentuk poster, leafleat, brosur, dan newsletter.

Selain itu, mereka juga belajar bagaimana menggunakan software komputer untuk membuat desain serta bagaimana menyampaikan pesan-pesan komunikasi lewat ketrampilan berbicara di depan publik atau public speaking.

Peserta dari DKP Kabupaten Muna, Sri Agustiati, mengatakan pelatihan ini banyak membuka wawasan tentang bagaimana menyampaikan pesan kepada masyarakat secara menarik dan bahasa yang sederhana.

“Selama ini kami menyampaikan pesan kepada masyarakat dengan cara yang agak kaku, di sini kami diajarkan bagaimana pesan dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat,” kata Sri Agustiati.

Sementara itu kepala bidang perikanan dan budidaya DKP Sultra LD Ridwan saat menutup kegiatan memberikan apresiasi pada panitia dan donor yang mendukung kegiatan ini.

Menurutnya selama ini, DKP hanya bersifat pasif dalam menyebarluaskan informasi, informasi yang disampaikan melalui media merupakan inisiatif dari media masing-masing sehingga informasi yang disajikan masih terbatas.

Ia berharap pelatihan ini bisa memberikan pengetahuan baru bagi para staf DKP yang mengikuti kegiatan tersebut, sehingga bisa menjadi humas DKP utamanya terkait penyebaran informasi kepada masyarakat.

“Saya berharap para peserta setelah kembali kedaerah masing-masing bisa menjadi humas DKP, karena di DKP sendiri tidak memiliki humas, saya minta juga pada para peserta yang sudah ikut untuk mengkomunikasikan pengetahunnya ini di daerahnya masing-masing utamanya pada kepala dinas” ujarnya.

Dalam kegiatan ini menghadirkan para instruktur yang merupakan jurnalis senior dan banyak meliput masalah-masalah kelautan Farid Gaban, Direktur LSPP Ignatius Haryanto, serta pengajar desain komunikasi visual pada Universitas Tarumanegara Jakarta Agus Danarto.

Pelatihan tersebut diikuti 12 orang mewakili DKP Provinisi Sulawesi Barat, DKP Kota Kendari, DKP Kabupaten Konawe Selatan, DKP Kabupaten Muna, DKP Kota Bau-Bau, serta DKP Kabupaten Wakatobi. ALIN

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Suara Pendidikan

To Top