Connect with us

Soal Anggaran, KPUD Konsel Dinilai Tak Transparan

Pilkada

Soal Anggaran, KPUD Konsel Dinilai Tak Transparan

KONSEL, SUARAKENDARI.COM-Pengajuan anggaran pemilukada yang dilakukan KPUD Konsel pada pemerintah kabupaten, oleh  sebagian kalangan dinilai tidak transparan. Apalagi melihat besarnya dana yang diajukan dinilai tak sejalan dengan semangat penghematan anggaran negara yang tengah dicananangkan pemerintah pusat.

Puspaham Sultra menantang KPUD Konsel secara gentle untuk membuka draft anggaran pilkada Konsel 2015 di muka publik. Sikap terbuka seperti ini jika dilakukan oleh KPUD Konsel, maka akan menjadi corong demokrasi yang baik dan berintegritas. Selain karena aspek keterbukaan juga karena kepercayaan publik yang telah menurun akibat perilaku penyelenggara pemilu yang selama ini telah menodai siklus demokrasi bangsa.

“Namun, jika pada kenyataannya KPUD Konsel tetap bersikukuh untuk tidak membuka item-item anggaran tersebut disertai alasannya dapat kami simpulkan, bahwa, pengajuan dana 35 milyar itu tidak merepresentasikan kebutuhan publik, melainkan kebutuhan palsu dan sekedar menggugurkan kewajiban yang disyaratkan,”demikain Ahmad Iskandar Sulkarnaen, dari Puspaham Sultra.

Sudah menjadi keharusan, lanjut Ahmad,  setiap tahapan pemilu kada diseluruh indonesia utk membuka ruang kritis publik, apalagi Perppu no.1 tahun 2014 sdh mensyaratkan hal tersebut. Dan tugas itu bukan hanya diserahkan kepada NGO dan masyarakat sipil sebagai katalisator atau dinamisator tetapi Kpud Konsel harus menginisiasi hal itu agar pembangunan demokrasi benar benar partisipatif.TM

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pilkada

To Top