Connect with us

SMAN 1 Kolaka Wakili Sultra Tingkat Nasional

Suara Pendidikan

SMAN 1 Kolaka Wakili Sultra Tingkat Nasional

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- SMAN 1 Kolaka berhasil keluar sebagai pemenang dalam cerdas cermat 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika yang diselenggarakan se-Sultra di Aula Poltekes Kendari. Cerdas cermat kebangsaan 4 pilar tersebut diselenggarakan selama dua hari yakni sejak tanggal 24 sampai 25 Maret 2014.

Dalam babak final tersebut, SMAN 1 Kolaka bersaing dengan SMAN 1 Raha dan SMAN 1 Wangi-Wangi. Pada babak penentuan tersebut, SMAN 1 Kolaka berhasil unggul dengan nilai 213, disusul SMAN 1 Raha dengan perolehan 197 dan SMAN 1 Wangi-Wangi dengan skor 172.

Pada hari pertama sebanyak 18 sekolah tingkat menengah atas bersaing untuk masuk kedalam babak final untuk mewakili Sultra dalam tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada bulan November mendatang.

Adit Metro Prasetya, salah seorang siswa SMAN 1 Kolaka menuturkan bahwa ia bangga bisa menjadi salah seorang siswa dari sepuluh peserta dalam satu grup untuk mewakili Sultra bersaing dengan 32 provinsi lainnya.

Tentu saja kesempatan itu, tidak akan disia-siakannya, sehingga dalam waktu beberapa bulan kedepan ia bersama sembilan rekannya akan mempersiapkan diri lagi agar bisa berbuat guna mengharumkan nama Sultra.

“Kami akan menambah lagi pengetahuan kami tentang empat pilar kebangsaan kita, kami juga cukup bangga bisa mewakili Sultra karena waktu yang diberikan kepada kami tidak lama hanya kurang lebih tiga minggu sebelum perlombaan ini, tentunyab dengan waktu yang agak lama kami akan berusaha agar lebih baik lagi,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa pengetahuannya yang saat ini didapatkan dalam perlombaan tersebut akan dicoba untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya sebatas menjadi pemahaman teori saja melainkan perlu diaplikasikan.

Sri Hasni, Guru Pembimbing SMAN 1 Kolaka, mengatakan bahwa keberhasilan yang diraih peserta didiknya tidak lain merupakan kerja keras yang dilakukan selama ini, meskipun waktu untuk mempersiapkan segalanya agar mepet.

“Alhamdulillah siswa dan siswi kami bisa menjadi wakil Sultra untuk bertanding lagi dengan siswa dari provinsi lain, semua ini merupakan keras keras yang dilakukan karena dalam perekrutan ini saya juga nilai yang cepat dan tidak kalah mental karena kita akan bawa nama daerah kita,” ujarnya.

Terpilihnya SMAN 1 Kolaka mewakili Sultra merupakan penampilan SMAN 1 Kolaka yang pertama kalinya. Pasalnya, selama tujuh kali mengikuti perlombaan cerdas cermat 4 pilar kebangsaan ini, baru kali ini berhasil mengalahkan lawannya. Sementara tahun lalu, SMAN 1 Kolaka berhasil mendapatkan Juara II se-Sultra. (LINA).

 

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Suara Pendidikan

To Top