Sidak Bupati Tidak Mempan, Tambang Ilegal Kian Menjamur di Bombana

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM-Merebaknya penerbitan surat izin penambangan galian C di Kabupaten Bombana, menyimpan kisah misteri dalam penerbitannya.

Sebab banyak perusahaan mengaku kantongi surat izin menambang atas galian C. Namun begitu di kroschek dokumennya, rupanya banyak yang belum memiliki  Analisis Dampak lingkungan (Amdal) ataupun Upaya Pengelolaan lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan ( UPL)

Lalu dari mana pengusaha mendapat administrasi kelengkapan izin lingkungan? Inilah yang jadi tanyaa publik. Sebab izin penambangan boleh saja dikeluarkan oleh pihak dinas pertambangan dan energi (Distamben) Bombana, tapi salah satu syarat yang mesti dipenuhi itu adalah kajian lingkungan berupa Amdal atau UKL/UPL yang dikeluarkan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH).

Namun anehnya, di Kabupaten Bombana ada sebagian pengusaha memiliki izin penambangan, meski belum mengantongi izin lingkungan di Kantor BLH. Munculnya persoalan ini memicuh spekulasi adanya  indikasi permainan. ” Bisa jadi, memang ada pihak yang sengaja menambang secara ilegal. Artinya, ada pengusaha yang tidak memiliki izin. Namun Bisa pula, ada dugaan  pemalsuan dokumen. Atau tidak, kinerja antara dinas pertambangan dan energi (distamben) Kabupaten Bombana dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) kabupaten Bombana terkesan jalan sendiri-sendiri,” terang Muhamad Anis
Warga Kasipute.

Menurutnya, persoalan Ini harus dikroschek secara jelas. Sebab saat ini, sambung Anis, lagi marak-maraknya pemberitaan terkait penambangan galian C secara ilegal. “Pemerintah dan pihak kepolisian harus sigap atasi ini. Jika tidak, bisa merugikan daerah dan lingkungan,” ujarnya.

Sebelumnya, Makmur, kabid Amdal BLH Bombana mengaku banyak perusahaan telah menambang, namun tidak mengantongi izin dari lingkungan hidup. “Jika ada izinnya, itu sudah mati. Dia harus mengurus  izin baru lagi,” terangnya

Makmur menjelaskan ditahun 2015 ini banyak  izin sudah kadarluasa atau berakhir “anehnya, mereka masih terus beroperasi. Ini pelanggaran,” tukasnya. (DAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *