Sidak, Bupati Konsel Minta areal Rumah Sakit Diperluas

SUARAKENDARI.COM-Semangat untuk terus melakukan pembenahan birokrasi dan pelayanan publik yang prima intens dilakukan oleh  H Irawan Laliasa 

Di masa jabatannya Pj Bupati Konawe Selatan. Dan hal rutin yang menjadi gerakannya adalah dengan melakukan Inspeksi secara mendadak. Kemarin, pucuk pimpinan tertinggi di pemerintahan di Konsel ini melakukan Inspeksi atau kunjungan ke Badan Layanan 

Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Konawe Selatan guna melihat langsung pelayanan publik dan kondisi fasilitas terhadap 
instansi yang menjadi sarana paling vital terkait dengan pelayanan terhadap masyarakat. 

Dalam kunjungan yang terkesan mendadak itu, Bupati melihat langsung pelayanan yang dilakukan oleh dokter dan paramedis bagi warga Konsel yang menjadi pasien di rumah sakit itu dengan mengecek semua fasilitas pelayanan baik untuk pasien maupun dengan gedung pelayanan administrasi di rumah sakit yang dikomandoi oleh Dr Boni Lambang Pramana tersebut.” Bagi saya sektor kesehatan itu adalah hal yang paling utama terkait dengan pelayanan kepada masyarakat, makanya tolak ukur keberhasilan kita itu titik beratnya di sektor ini (kesehatan) baru kemudian pendidikan dan berturut-turut hal lainnya,” ungkapnya.

Pasca melakukan inspeksi tersebut, tidak ada raut wajah atau mimik yang tegak dari pria yang juga Ketua Kwartir Daerah 

Gerakan Pramuka Sultra ini. Bupati terlihat sumringah. Ia cukup puas melihat pelayanan dan penanganan yang profesional dari dokter dan paramedis maupun dengan melihat fasilitas infrastruktur di instansi plat merah tersebut. ” Penataan ruangan cukup baik termasuk penanganan pasien. Rumah sakit juga terlihat bersih,” katanya.

Selain melihat pelayanan dan fasilitas infrastruktur yang sudah beroperasi, Bupati juga meninjau pembangunan gedung baru VIP rumah sakit dan juga fasilitas Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang masih berlangsung dan diperkirakan sudah bisa digunakan medio Oktober mendatang. ” Mudah-mudahan bisa selesai sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan agar bisa digunakan bagi warga masyarakat yang membutuhkan,” harapnya.

Kendati demikian, Bupati merasa fasilitas gedung dan infrastruktur penunjang yang ada saat ini masih kurang mengingat jumlah penduduk di Konsel saat ini yang berada diangka lebih dari 250 ribu jiwa tidak akan mampu ditampung dengan fasilitas yang ada sekarang. ” Kita berupaya selain dengan meningkatkan status sejumlah Puskesmas juga menjadi BLUD kita akan menambah luasan areal rumah sakit hingga 8 hektar agar nantinya akan dibangun lagi gedung dan fasilitas medis tambahan sebagai penunjang fungsi rumah sakit yang ada saat ini,” tambahnya.

Hal itu senada dengan yang diungkapkan oleh Direktur BLUD Rumah sakit Konsel Dr Boni Lambang Pramana, bahwa, instansi yang dipimpinnya itu bercita-cita agar menjadi rumah sakit yang terbaik dalam hal pelayanan dan fasilitas dari rumah sakit yang ada di Sulawei Tenggara. ” Luasan areal Rumah sakit yang ada saat ini baru sekitar 4,5 hektar. Secara otomatis memang harus ada perluasan areal lahan, dan pak Bupati mendukung hal tersebut agar ada gedung baru dan fasilitas lainnya,” terangnya. 

Pria yang juga masih menjabat Kadis Kesehatan Konsel ini menambahkan, pembangunan gedung baru yang ada saat ini dilaksanakan sesuai dengan petunjuk dari kementerian  kesehatan agar nantinya rumah sakit Konsel akan menjadi rujukan dalam hal pelayanan dan fasilitas  infrastruktur dari kabupaten dan kota yang ada di Sultra. ” Untuk gedung baru VIP dan IGD semua peralatannya berstatus A atau yang paling baik kualitasnya sesuai dengan petunjuk kementerian,” tukasnya.

Disela melaksanakan inspeksi Bupati sempat melakukan medical check up ringan dengan cara memeriksakan tekanan darahnya yang diikuti oleh sejumlah kepala SKPD yang ikut dalam rombongan inspeksi itu.(humas Konsel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *